Jumat 30 Jul 2010 03:59 WIB

Ponsel Bisa Sebagai Media Pembelajaran yang Lebih Menarik

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Endro Yuwanto
Seorang anak sedang memainkan ponsel
Foto: corbis
Seorang anak sedang memainkan ponsel

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Keberadaan ponsel bisa sebagai media pembelajaran (mobile learning). Para siswa diharapkan dapat mengakess konten-konten pendidikan di ponsel mereka di mana saja dan kapan saja.

''Karena itu guru berperan memperkenalkan konten-konten mobile learning kepada para siswa,'' ujar Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Provinsi DIY, Cipto Hariwibowo, pada 'Workshop Pemanfaatan ICT Digital Kreatif', di Hotel Sahid Yogyakarta, Kamis (29/7).

Acara ini diikuti sekitar 200 peserta di antaranya dari dinas instansi terkait di lingkungan pemerintah provinsi DIY, mahasiswa perguruan tinggi, siswa SLTA, dan guru.

Lebih lanjut Gubernur DIY mengemukakan, mobile learning membuat pelajaran menjadi lebih menarik, karena dapat disajikan dalam bentuk game. ''Dengan penyajian yang menyenangkan, materi yang ada di konten tersebut akan lebih mudah diserap siswa,'' tutur dia.

Selanjutnya Direktur Pemberdayaan Telematika, Bambang Soepriyanto, mengatakan, perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di era globalisasi ini memegang peranan penting sebagai salah satu pilar pembangunan. Pemanfaatan TIK mampu meningkatkan efektivitas perubahan paradigma pelayanan publik dan mendorong transformasi sosial secara tertib, damai, dan berkeadilan.

Bambang berharap, pemanfaatan TIK dapat membawa perubahan paradigma pembelajaran yang pada akhirnya berguna bagi peningkatan pendapatan keluarga. Selain itu, dia menambahkan, dapat mempengaruhi perubahan dalam berkreasi, berperilaku, dan berfikir.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement