Kamis 29 Jul 2010 19:25 WIB

Halo, Bakteri pada Ponsel Lebih Banyak Ketimbang di Toilet, Lho

Ilustrasi
Foto: .
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Yakin, telepon seluler (ponsel) Anda bebas bakteri? Sebuah penelitian yang dihajat para pakar higiene dan sanitasi Inggris menunjukkan, ponsel ditutupi dengan sampai 18 kali lebih banyak bakteri yang biasa hidup di pegangan flush di toilet pria.

Dari seratusan ponsel milik responden yang dipilih secara acak, 30 handset ponsel memiliki tujuh kali lebih tinggi tingkat bakterinya. Sedangkan satu ponsel berisi seperti konsentrasi penuh bakteri, termasuk bakteri yang biasa ditemukan dan disebarkan melalui feses. "Bakteri ini bisa menyebabkan gangguan perut serius," ujar Jim Francis, salah seorang peneliti.

 

Meskipun tidak membahayakan secara langsung, peningkatan kadar bakteri menunjukkan kebersihan yang buruk. Satu catatan dari penelitian awal ini adalah ponsel dapat bertindak sebagai tempat berkembang biak bagi kuman yang lebih serius, dan menyebarkannya dengan cepat.

Hasil pengujian menunjukkan bagaimana bakteri bisa dengan mudah tertinggal di permukaan telepon, yang dapat diteruskan kepada orang lain jika mereka memegang handset untuk melihat foto atau aplikasi lainnya.

Francis menyarankan, untuk memotong pertumbuhan bakteri itu, maka secara berkala ponsel harus selalu dibersihkan dengan zat anti-bakteri. Ia menyebut, salah satu contohnya adalah dengan menyapunya menggunakan kapas yang dibasahi cairan alkohol. Oala...

sumber : Telegraph.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement