Selasa 20 Jul 2010 22:08 WIB

Duh, Populasi Anoa Terus Menyusut

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO--Ada satu jenis hewan yang hanya ditemui di Indonesia selain badak bercula satu dan burung cendrawasih, yaitu Anoa. Populasi hewan khas atau endemik Sulawesi ini,  yang tersebar pada tiga hutan di Gorontalo, terus mengalami penyusutan akibat tingginya tingkat perburuan.

Abdul Haris Mustari, peneliti anoa dari Institut Pertanian Bogor,  memperkirakan populasi hewan yang bernama latin Bubalus depressicornis ini, hanya tinggal 450, yang tersebar di hutan suaka marga satwa Nantu, cagar alam Panua, dan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. "Jumlah ini bisa terus menyusut, seiring dengan maraknya perburuan, untuk dikonsumsi dagingnya," katanya di Gorontalo, Selasa.

Dia mengatakan, anoa banyak diburu, karena selain memiliki daging yang empuk dan cukup mahal harganya, juga dipercaya dapat menambah vitalitas. Namun, menurut dia, pada umumnya daging anoa dikonsumsi oleh warga yang tinggal di sekitar kawasan hutan tersebut, dan dijual dari rumah ke rumah.

Ia menambahkan, populasi anoa di seluruh kawasan hutan di pulau Sulawesi, juga terbulang sangat sedikit, jumlahnya tidak lebih dari 5.000 ekor.

Selain diburu manusia, ular phyton juga dikenal sebagai salah satu predator alami yang mengancam keberadaan hewan yang seukuran rusa ini. Hal itu juga ditambah dengan tingkat perkembangbiakan anoa yang terbilang rendah, dimana seekor anoa betina hanya melahirkan satu anak.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement