Selasa 13 Jul 2010 17:31 WIB

Sutradara Roman Polanski Bebas

Rep: c31/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,SWISS--Pemerintah Swiss menyatakan sutradara film terkenal, Roman Polanski, bebas Senin (12/7). Polanski bebas setelah Pemerintah Swiss menolak permintaan AS untuk mengekstradisi dia. Polanski dituduh melakukan hubungan seks dengan seorang gadis 13 tahun . Pelecehan seks itu terjadi tahun 1977.

Swiss membebaskan Sutradara pemenang Oscar dari tahanan 10 bulan. Swiss menyalahkan pemerintah AS karena gagal memberikan kesaksian rahasia mengenai prosedur hukuman Polanski pada tahun 1977-1978.

Menteri Kehakiman Swiss, Eveline Widmer-Schlumpf, mengatakan Senin (12/7) Ia telah menolak ekstradisi karena kesalahan teknis potensial dalam permintaan AS. Selain itu, karena sudah bertahun-tahun Polan'ski datang ke Swiss dengan itikad baik. "Dia adalah orang bebas sejak 11.30 hari ini," katanya dalam konferensi pers di ibukota Berne Swiss.

Polanski, lanjut Widmer-Schlumpf, bisa pergi ke Prancis atau ke Polandia, “Kemana saja, tempat di mana dia tidak akan ditangkap." Kata dia.

Polanski, 76 tahun, sutradara yang memenangkan Oscar untuk kategori sutradara terbaik ini ditangkap pada tanggal 26 September. Penangkapannya saat Ia tiba di Zurich untuk menerima penghargaan prestasi seumur hidup di sebuah festival film.

Sebelum hari Senin, ia berada di bawah tahanan rumah sejak Desember 2009 dengan uang jaminan sebesar 4,5 juta franc Swiss ($ 4.260.000). Gerakannya dibatasi oleh sebuah gelang kaki elektronik. "Pengawasan elektronik itu telah dimatikan sekarang," kata Widmer-Schlumpf.

Sementara itu, Polan'ski mengaku bersalah karena berhubungan seks dengan gadis setelah pesta sampanye dan obat-obatan. Ia melarikan diri dari Amerika Serikat pada malam tahun 1978. Hal itu karena ia percaya seorang hakim menolak permohonan dan mungkin menempatkan dia di penjara selama 50 tahun.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement