Ahad 04 Jul 2010 14:22 WIB

Singkirkan Paraguay, Spanyol Tantang Jerman di Semifinal

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--Tim 'matador' Spanyol masih tetap menunjukkan diri sebagai salah satu favorit juara. Berlaga di babak perempat final Piala Dunia 2010 di Stadion Ellis Park, Ahad dinihari WIB (4/7), Spanyol unggul 1-0 atas Paraguay dan lolos ke semifinal.

Namun, Spanyol tak menjalani pertandingan dengan mudah. Paraguay yang bertekad mencetak sejarah dengan lolos kali pertama ke semifinal Piala Dunia berusaha mengimbangi permainan. Di sepanjang babak pertama, gol tak berhasil disarangkan kedua tim. Hingga turun minum skor masih 0-0.

Pada babak kedua, Spanyol terlihat mencoba mengendalikan permainan melalui trio lini tengah Andres Iniesta, Xavi, dan Xabi Alonso. Sebaliknya, Paraguay mengandalkan serangan balik cepat melalui duet striker Nelson Valdez dan Oscar Cardozo.

Memasuki menit ke-50 kejadian unik terjadi. Kedua tim saling mendapatkan hadiah penalti dari wasit Carlos Batres. Di menit ke-58, Paraguay mendapatkan hadiah penalti lebih dulu setelah Gerard Pique melanggar Oscar Cordozo. Namun, Cardozo yang melakukan eksekusi dan menendang dengan kaki kiri gagal melesakkan bola setelah ditepis kiper Spanyol Iker Casillas.

Di menit ke-60, giliran Spanyol yang memperoleh hadiah penalti. Ini terjadi setelah Antolín Alcaraz melanggar David Villa di kotak penalti. Alonso yang menjadi algojo penalti sempat melesakkan bola, namun dianggap tak sah sehinga harus diulang. Di tendangan kedua, Alonso gagal menyarangkan bola setelah ditepis kiper Paraguay Justo Villar.

Spanyol akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-82. Berawal dari solo run Iniesta. Pedro yang mendapat umpan Iniesta melakukan tendangan keras, namun bola hanya membentur mistar gawang. Untunglah David Villa yang berada di depan mulut gawang kemudian mampu menceploskan bola menjadi gol. 1-0 untuk Spanyol. Villa pun untuk sementara menjadi top skor sementara dengan 5 gol sepanjang turnamen.

Paraguay sebenarnya memiliki kesempatan menyamakan kedudukan. Namun striker Roque Santa Cruz yang tampil sebagai pengganti Valdez gagal memanfaatkan peluang emas di menit ke-90. Tinggal berhadapan dengan Casillas, Cruz gagal menyarangkan bola setelah ditepis Casillas. Spanyol, juara Piala Eropa 2008, ini pun melaju ke semifinal dan akan menantang Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement