Ahad 04 Jul 2010 03:14 WIB

Kemenhut dan Aisyiyah Tanam 1 Miliar Pohon

Rep: my1/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA---Kementrian Kehutanan (Kemenhut) bekerjasama dengan organisasi perempuan Muhammadiyah, Aisyiyah dalam program penanaman 1 Miliar pohon. Direncanakan, penanaman pohon akan dimulai pada Januari 2011.

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan menjelaskan terdapat sekitar 130 juta hektar (ha) wilayah hutan di Indonesia. Akan tetapi, dari luas tersebut, disebutkannya hanya sekitar 40 juta ha yang masih bisa dikatakan dalam kondisi bagus. Hutan dengan kondisi setengah baik masih sekitar 48 ha, sementara sisanya tidak berhutan.

“Dengan kondisi seperti itu, masih ada penebangan pohon tidak beraturan. Hutan sudah habis, yang bisa dilakukan tinggal penanaman dan buat aturan hukum. Penanaman ini harus bersama-sama rakyat, yang pasti dengan kaum perempuan agar berhasil, “ ujarnya dalam temu media di Yogyakarta, Sabtu (3/7).

Dikatakannya, perubahan iklim dan pemanasan global sudah bukan menjadi isu tetapi fakta. Hal ini ditunjukkan dengan tak bisa ditentukannya musim hujan dan kemarau. Lantaran hal itu, dalam program penanaman pohon, pihaknya mengajak kerjasama dengan gerakan perempuan yang memiliki jaringan luas seperti Aisyiyah.

“Banyak yang bertanya apa kaitannya hutan dengan gerakan perempuan. Ini sangat terkait karena sukses tidaknya program penanaman pohon dari Kementrian Kehutanan tergantung dari peran para ibu, “ ungkapnya.

Dijelaskan Zulkifli, program penanaman pohon 1 Miliar akan dimulai tahun ini. Anggaran untuk membeli 500 juta pohon akan diambilkan dari APBN melalui program kebun bibit rakyat yang dijalankan melalui kelompok-kelompok warga. “Satu kelompok akan mendapat Rp 50 juta untuk pembibitan di seluruh tanah air. Kalau Agustus bisa disemai, Januari 2011 bisa ditanam, “ ujarnya.

Anggaran penanaman pohon, lanjutnya, sudah disiapkan. Untuk tahun ini, anggaran penanaman pohon diberikan Rp 1,3 juta per hektar. “Disiapkan Rp 6 Triliun untuk tanam pohon pada 2011 mendatang,” ujarnya.

Menanggapi kerjasama tersebut, Ketua Umum PP Aisyiyah, Siti Chamamah Soeratno mengaku pihaknya siap melaksanakan program penanaman 1 Miliar pohon. Program tersebut, ujarnya, sudah sejalan dengan agenda Aisyiyah sejak 2007 lalu. “Kemarin kita menaman 1 juta pohon dalam program Hijau Bumiku, Lestari Alamku, “ ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement