Selasa 29 Jun 2010 14:18 WIB

Tak Kesulitan Cukur Chile, Brasil Melenggang ke Perempat Final

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--Arsitek Chile, Marcelo Bielsa, berharap timnya mampu menghapus catatan buruk saat menjajal Brasil di babak 16 besar Piala Dunia 2010, Selasa dinihari WIB (29/6). Namun harapan Bielsa kandas lantaran Chile menyerah 0-3 dari Brasil dalam laga di Stadion Ellis Park.

Brasil dan Chile sudah bertemu sebanyak 65 kali. Brasil mencatat rekor bagus dengan 46 kemenangan dan hanya menderita kekalahan sebanyak tujuh kali. Bielsa yakin tim asuhannya mampu menggunakan kesempatan itu untuk mengalahkan Brasil.

Bielsa yang mengandalkan duet penyerang Humberto Suazo dan Alexis Sánchez, sejak awal memang tampil terbuka. Chile terlihat mengambil inisiatif serangan.

Namun Brasil yang bermain taktis, tenang, dan sabar, terlihat lebih menguasai jalannya pertandingan. Kesabaran dan ketenangan Brasil membuahkan hasil. Di menit ke-33, Brasil yang diarsiteki Carlos Dunga memecah kebuntuan melalui gol sundulan bek Juan, menyambut tendangan sudut Maicon.

Gol kedua Brasil di menit ke-37 lahir berkat kerjasama cantik trisula 'Samba'; Robinho, Kaka, dan Luis Fabiano. Robinho yang menggiring bola dari tengah lapangan memberi umpan pada Kaka yang langsung meneruskannya pada Fabiano. Dengan cekatan, Fabiano memperdaya kiper Chile Claudio Bravo. Skor 2-0 untuk Brasil bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Chile yang tertinggal tetap melakukan inisiatif serangan. Namun Brasil yang tetap tampil taktis justru memperbesar keunggulan di menit ke-58. Berawal dari solo run Ramires dari lapangan tengah, Robinho yang menerima umpan Ramires langsung melakukan tendangan first-time kaki kanan yang gagal dihalau kiper Claudi Bravo. 3-0 untuk Brasil. Brasil pun melenggang mulus ke perempat final.

Di babak perempat final, Brasil akan menjajal lawan tangguh dari Eropa, Belanda. Pertemuan kedua tim bisa dibilang sebagai laga klasik sarat gengsi dan layak untuk dinantikan.

   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement