Rabu 23 Jun 2010 01:26 WIB

Apakabar Pemisahan Antre Pria-Wanita di Terminal Busway?

Red: irf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemisahan antrean pria dan wanita di terminal busway sudah diberlakukan sejak sekitar dua pekan lalu. Tapi apakah sistem antrean terpisah ini berjalan baik? Anda bisa perhatian di beberapa terminal busway yang lumayan besar, seperti Dukuh Atas, Harmoni, Matraman, atau terminal di sepanjang Jl Thamrin-Sudirman.

Hari ini, penumpang yang antri di terminal dukuh atas untuk menunggu busway yang ke Ragunan, misalnya, terlihat berdesakan. Sebagian penumpang wanita menyelip di antara penumpang pria, juga sebaliknya. Bahkan begitu masuk bus, penumpang kembali berbaur tanpa mengenal pemisahan lagi.

Padahal, di terminal itu, papan pengumuman yang memisahkan antrean pria dan wanita terlihat sangat jelas. Namun hanya sebagian penumpang yang mengikuti pengumuman itu, dan sebagian lagi tidak mematuhinya. Pemandangan serupa juga terlihat di beberapa terminal lain seperti terminal  Bendungan Hilir, Mampang, Kuningan, juga terminal lainnya.

Seorang penumpang pria paruh baya pun mengeluhkan kondisi tersebut. Kata dia, pemisahan antrean itu semestinya diawasi oleh petugas khusus. "Sudah ada aturannya kok ini masih campur-campur begini," kata dia, yang tadi siang naik busway jurusan Ragunan dan turun di Mampang. Tanpa ada pengawas khusus, sistem atrean terpisah ini tidak akan berjalan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement