Selasa 22 Jun 2010 08:04 WIB

Rasa Takut Kalah, Penyebab Tim-tim Unggulan Menyerah

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--Inggris, Italia, Jerman, Prancis, dan Spanyol, saat ini sedang bersusah payah meraih tiket ke babak 16 besar. Bahkan Prancis bisa dibilang sudah tak lagi memiliki peluang untuk lolos.

Fenomena itu mengejutkan banyak pihak, mengingat kelima tim di atas berstatus sebagai unggulan di Piala Dunia 2010. Ottmar Hitzfeld, arsitek Swiss, pun punya analisa sendiri mengenai hal ini. Menurutnya terlalu tingginya ekspektasi dan rasa takut kalah memiliki peran tersendiri atas kinerja tim-tim unggulan.

"Tim favorit dan tim yang lebih tangguh memiliki banyak tekanan sepanjang fase grup karena semua tim akan mengupayakan segalanya untuk bisa lolos ke-16 besar," ujar pelatih yang membawa Swiss menaklukkan Spanyol 1-0 di laga pertama Grup H itu.

"Selalu ada perasaan takuk gagal dan jika Anda kesulitan mengatasinya, Anda akan menjadi gugup, dan di situlah tim nonunggulan memiliki kesempatan untuk bisa membuat kejutan," tukasnya lagi.

Hitzfeld juga menambahkan, faktor itulah yang digunakan timnya saat mengalahkan Spanyol. Namun, bukan berarti tim Swiss langsung besar kepala usai meraih kemenangan tersebut.

"Kami tak ingin membuat kesalahan dengan meremehkan tim lain. Kami harus bekerja keras untuk setiap pencapaian, tapi saya rasa kami sudah berada di jalur yang tepat untuk bisa ke-16 besar," tandas Hitzfeld.

sumber : Goal.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement