Senin 21 Jun 2010 07:50 WIB

Tekuk Slowakia, Paraguay Buka Peluang ke 16 Besar

REPUBLIKA.CO.ID, BLOEMFONTEIN--Paraguay membuka harapan lolos ke babak 16 Besar setelah dalam laga kedua Grup F Piala Dunia 2010 di Stadion Free State, Bloemfontein, menghempaskan Slowakia 2-0, Ahad (20/6).

Hasil ini membuat Paraguay untuk sementara memimpin klasemen dengan nilai empat hasil sekali menang dan imbang. Sedangkan Slowakia terperosok ke dasar klasemen dengan satu poin. Di laga terakhirnya, Paraguay akan menghadapi Selandia Baru, sementara Slowakia bertemu tim tangguh Italia.

Dalam pertandingan ini, Paraguay akhirnya menurunkan striker andalan Roque Santa Cruz yang sebelumnya diragukan tampil karena menderita cedera. Kehadiran Santa Cruz membuat Paraguay memainkan tiga striker sekaligus.

Laga baru berjalan tiga menit, Santa Cruz sudah menghadirkan ancaman di pertahanan Slowakia. Namun tendangannya masih berhasil ditepis kiper Jan Mucha, sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Paraguay kembali melakukan tekanan. Nelson Valdez menusuk dari sektor kanan pertahanan Slowakia pada menit ke-19. Valdez lalu memberikan umpan kepada Cristian Riveros yang tendangannya mengarah menuju Mucha.

Akhirnya Paraguay unggul lebih dulu melalui Enrique Vera pada menit ke-28. Berawal dari tusukan Lucas Barrios dari sektor tengah yang selanjutnya mengirimkan umpan kepada Vera untuk kemudian menaklukkan Mucha.

Slowakia akhirnya berhasil mendapatkan peluang bagus di menit ke-37, namun sundulan Kornel Salata yang menerima umpan sepak pojok masih melambung di atas mistar gawang Justo Villar.

Mucha kembali harus jatuh bangun untuk menyelamatkan gawangnya dari ancaman Santa Cruz. Kiper Slowakia ini berhasil mengamankan gawangnya ketika kakinya menghalau peluang yang didapat striker Paraguay tersebut. Hingga babak pertama usai, skor tetap bertahan 1-0.

Di babak kedua, Paraguay tidak mengurangi tekanan ke pertahanan Slowakia. Keunggulan satu gol yang didapat di 45 menit pertama menumbuhkan motivasi pemain dari negara Amerika Latin tersebut.

Kendati tetap menguasai permainan, dominasi Paraguay tidak seperti di babak pertama. Slowakia mulai berani keluar menyerang untuk mengejar ketertinggalan mereka. Permainan pun berjalan imbang. Namun Slowakia kesulitan untuk menembus pertahanan Paraguay.

Sebaliknya, permainan taktis Paraguay membuat mereka mampu memanfaatkan celah di lini pertahanan Slowakia. Vera nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-73, tapi umpan dari Santa Cruz tak bisa dikonversi menjadi gol.

Paraguay akhirnya menggandakan keunggulan lima menit sebelum pertandingan berakhir. Tendangan menyusur tanah yang dilepaskan Riveros tak mampu dibendung Mucha yang pandangannya terhalang pemain belakangan Slowakia.

Slowakia yang mencoba untuk memperkecil ketinggalan menaikkan tempo permainan. Tapi sudah terlambat, karena Paraguay menurunkan tempo, dan memperkuat pertahanan. Hingga pertandingan berakhir, Paraguay tetap menjaga skor 2-0.

sumber : Goal.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement