Jumat 18 Jun 2010 04:23 WIB

Warga Kota Bogor Dilatih Daur Ulang Sampah

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR-- Sekitar 27 warga Kota Bogor diberikan pelatihan daur ulang sampah plastik di Gedung Dekranasda, Kota Bogor, Kamis (17/6).

Pelatihan ini diberikan agar warga Kota Bogor memiliki pengetahuan tentang daur ulang sampah plastik. "Selain itu juga, dapat memberikan tambahan penghasilan kepada warga Kota Bogor," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor, Fauziah Diani Budiarto.

Pelatihan ini diberikan atas kerjasama dengan Lembaga Managemen Quantum dan Dekranasda. Fauziah mengatakan, sampah plastik merupakan sampah yang paling mengancam kelestarian lingkungan. "Sampah plastik itu tidak dapat diurai dalam waktu singkat. Butuh waktu ratusan tahun untuk bisa diurai," kata dia.

Sementara, sambung Fauziah, tumpukan sampah plastik cenderung semakin bertambah. "Karena banyaknya kemasan makanan ataupun barang lainnya berbahan dasar plastik. Daripada tidak tahu harus diapakan lebih baik diolah," kata Fauziah.

"Saat ini daur ulang sampah plastik menjadi ladang bisnis yang bernilai ekonomis sangat tinggi," ujar dia. Sampah plastik juga bisa diubah menjadi barang-barang kerajinan yang memiliki daya tarik seni tersendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement