Kamis 17 Jun 2010 17:46 WIB

Obama: BP Sepakat Bayar Ganti Rugi Bencana Teluk Meksiko 20 Miliar Dolar

REPUBLIKA.CO.ID,Presiden Amerika Barack Obama mengatakan, BP sepakat untuk membentuk dana 20 miliar dolar untuk membayar klaim kerusakan akibat tumpahan minyak Teluk Meksiko. Obama berbicara Rabu di Gedung Putih setelah pertemuan dengan para eksekutif BP di Gedung Putih hampir dua bulan setelah insiden tumpahan ini mulai.

Katanya, dana ini akan dikelola oleh pengacara Amerika Kenneth Feinberg, yang juga mengawasi pembayaran untuk para korban tragedi serangan teroris 11 September 2001. Presiden mengatakan, BP juga akan membentuk dana senilai 100 juta dolar untuk ganti rugi pekerja minyak yang kehilangan pekerjaan akibat tumpahan ini.

Setelah pertemuan di Gedung Putih ini, Pemimpin BP Carl Henric Svanberg minta maaf kepada rakyat Amerika dan katanya perusahaan nya tidak akan membayar divinden tahun ini karena insiden tumpahan minyak ini.

Bencana ini dimulai 20 April ketika sebuah anjungan minyak meledak di lepas pesisir Louisiana. Presiden menggambarkan tumpahan minyak ini sebagai yang bencana lingkungan paling buruk yang pernah dialami Amerika.

Dalam pidato kenegaraan yang disiarkan secara nasional Selasa malam, Presiden Obama mengatakan, ia akan mendesak pemimpin BP, Carl-Henric Svanberg, bahwa eksekutif BP tersebut harus menyediakan sumber daya apapun yang diperlukan untuk mengkompensasi mereka yang dirugikan oleh apa yang disebut Presiden Obama sebagai kecerobohan perusahaan itu.

sumber : voa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement