Kamis 17 Jun 2010 14:26 WIB

Forlan Antar Uruguay Selangkah Lagi ke 16 Besar

REPUBLIKA.CO.ID, PRETORIA--Sehari sebelum pertandingan, pelatih Afrika Selatan (Afsel) Carlos Alberto Parreira mengungkapkan, tim asuhannya harus mewaspadai penyerang Uruguay, Diego Forlan, dalam laga yang berlangsung di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, Kamis dinihari WIB (17/6).

Parreira menganggap Forlan pemain yang tidak boleh dibiarkan bebas. ''Saya ingat dia karena selalu menciptakan gol melawan Brasil," kata pelatih asal Brasil itu.

Parreira mengakui reputasi penyerang berusia 31 tahun itu sebagai striker berbahaya karena pernah menjadi pencetak gol terbanyak Eropa tahun 2004 dan 2008.

Pernyataan Parreira terbukti. Afsel sebagai tuan rumah, harus menyerah 0-3 dari Uruguay, dalam lanjutan laga Grup A Piala Dunia 2010. Dua gol Uruguay dicetak Forlan.

Gol pertama Forlan lahir di menit ke-24. Gol ini terbilang spektakuler karena dilepaskan dari luar kotak penalti. Bola drive-shoot nya seakan melambung, namun tiba-tiba turun dan menghujam gawang Afsel yang dijaga kiper Itumelang Khune.

Gol kedua Forlan hadir lewat titik putih di menit ke-80. Ini terjadi setelah kiper Khune menjatuhkan striker Uruguay Luis Suarez. Khune pun dihukum kartu merah dan diusir keluar lapangan oleh wasit Massimo Busacca dari Swiss.

Bermain dengan sepuluh pemain Afsel makin kewalahan. Akibatnya, berawal dari tendangan bebas Forlan yang diteruskan Suarez, Alvaro Pereira sukses mencetak gol ketiga Uruguay melalui sundulan kepala.

Kemenangan atas Afsel menjadikan Uruguay untuk sementara memuncaki klasemen Grup A dengan empat poin, hasil sekali menang dan sekali imbang 0-0 lawan Prancis. Forlan juga mencatatkan diri sebagai top skor sementara dengan dua gol. Uruguay yang diarsiteki Oscar Tabarez tinggal membutuhkan hasil imbang di laga terakhir grup melawan Meksiko untuk lolos ke babak 16 Besar.

Susunan Pemain

Afrika Selatan:

16-Itumeleng Khune; 2-Siboniso Gaxa, 3-Tsepo

Masilela, 20-Bongani Khumalo, 4-Aaron Mokoena; 12-Reneilwe Letsholonyane, 13-Kagisho Dikgacoi, 10-Steven Pienaar, 11-Teko Modise, 8-Siphiwe Tshabalala; 9-Katlego Mphela.

Uruguay:

1-Fernando Muslera; 2-Diego Lugano, 3-Diego Godin, 4-Jorge Fucile, 16-Maximiliano Pereira, 15-Diego Perez, 17-Egidio Arevalo, 7-Edinson Cavani, 11-Alvaro Pereira, 9-Luis

Suarez, 10-Diego Forlan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement