Jumat 11 Jun 2010 08:50 WIB

Mandela Ingin Tampil di Pembukaan Piala Dunia

Mandela Ingin Tampil di Pembukaan Piala Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Nelson Mandela, mantan Presiden Afrika Selatan berusia 91 tahun, ingin tampil sebentar pada pertandingan pembukaan Piala Dunia hari Jumat, kata panitia penyelenggara dan keluarganya, Kamis. Tetapi, Ketua Piala Dunia Danny Jordaan mengatakan kepada wartawan bahwa keputusan mengenai apakah Mandela akan tampil di Soccer City untuk menyaksikan pertandingan Afrika Selatan melawan Meksiko akan ditetapkan pada hari itu.

"Ia ingin ada di sana," kata Jordaan. "Apakah ia ingin datang selama lima menit atau menyaksikan pertandingan secara keseluruhan bukan keputusan kami. Saat ini ada kesempatan baik bahwa ia akan bersama kita karena ia ingin berada di sana."

Spekulasi mengenai Mandela, yang kesehatannya semakin melemah selama beberapa tahun belakangan ini, akan datang selama ini tersebar luas, dengan dugaan pada umumnya menyatakan bahwa penampilannya akan terbatas untuk memberi salam kepada khalayak ramai pada upacara pembukaan beberapa saat sebelum pertandingan pembukaan dimulai.

Cucunya, Mandla Mandela mengatakan keluarganya akan memantau cuaca sebelum suatu keputusan mengenai kehadiran Mandela. "Kami tidak ingin mengambil risiko kesehatannya untuk menyaksikan pertandingan sepak bola," katanya.

Tetapi, ia menambahkan maksud dari penampilan Mandela adalah simbolis untuk rakyat Afrika Selatan. "Kami akan datang bersamanya selama 10 hingga 15 menit untuk menyambut para penggemar dan kemudian kami akan menyaksikan sisa acaranya di rumah," katanya.

sumber : ant/reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement