Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Banyak Teman Bikin Anak Makin Pintar

Jumat 11 Jun 2010 03:37 WIB

Rep: cr2/ Red: Ririn Sjafriani

Tampak anak-anak sedang mengunjungi mobil perpustakaan keliling.

Tampak anak-anak sedang mengunjungi mobil perpustakaan keliling.

Foto: tahta/republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Memiliki banyak sahabat di sekolah berpengaruh terhadap prestasi si anak. Hasil riset yang publikasikan Journal of Research of Adolensce.

Penelitian mengungkap, siswa yang memiliki banyak teman di sekolah memiliki rata-rata nilai yang tinggi ketimbang pelajar yang memiliki sedikit teman.

Peneliti dan Psikolog dari Willamette University mengungkap dari hasil riset yang melibatkan kelompok remaja, individu yang memiliki banyak teman di grup dan di luar grup itu mencatat nilai rata-rata tinggi.

Hal itu dikarenakan, teman-teman di sekolah cenderung berorientasi prestasi dan mendukung kegiatan yang menunjang prestasi tersebut.

"Keberadaan pola persahabatan penting untuk memenuhi kebutuhan sosial remaja 'dan mereka tidak melulu menggangu prestasi siswa. Persahabatan yang terbentuk di luar sekolah, seperti di kelas tambahan juga berkontribusi terhadap prestasi seseorang," tukasnya seperti dikutip dari healthday, Kamis (10/6).

Meski begitu, kata Witkow, hasil riset tidak bermaksud mengatakan teman-teman dari luar sekolah tidak menguntungkan.

Sebelumnya, peneliti melibatkan 629 siswa kelas 12 yang diberikan kuasioner dan diharuskan melaporkan segenap aktivitas seperti waktu belajar, bermain dengan teman sekolah dan teman di luar sekolah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA