Kamis 10 Jun 2010 17:44 WIB

Jurnalis AP Hanya Melihat Minyak Saat Menyelam di Teluk Meksiko

Rep: c31/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,Di kedalaman suram Teluk Meksiko Rich Matthews jurnalis AP, menceritakan pengalamannya saat berada di Teluk Meksiko. “Saya melompat dari perahu ke perairan di Teluk Meksiko dan wadah minyak paling merah yang pernah saya lihat. Saya membuka mata dan menyadari topeng saya sudah terbalur minyak. Saya tidak bisa melihat apapun padahal baru lima detik menyelam,” kata Rich.

Kata Rich, satu-satunya yang bisa dilihat saat berada di bawah permukaan sekitar 40 mil ke Teluk Meksiko, hanya minyak. “Ke kiri, kanan, atas dan bawah – minyak itu mengapung di atas air, dan ada yang berupa gumpalan bola kasti sekitar 15 kaki di bawah. Tidak ada yang hidup di bawah sana, yang saya lihat hanya ubur-ubur mati dan beberapa ikan umpan kecil,” tutur Rich.

“Saya sendirian karena penyelam lain yang berangkat dengan saya, tidak akan masuk ke dalam air tanpa setelan HAZMAT, air berubah gelap warnanya, diatas saja sudah berminyak, saya tidak menyelam terlalu dalam,” kata dia.

Ini tenang, dan menakutkan harus jujur, dengan jarak pandang sangat rendah Rich menghabiskan waktu hanya 10 menit berenang di sekitar untuk mengambil gambar, mengambil video. “Saya ingin orang melihat tumpahan minyak dengan cara baru, cara yang belum pernah mereka saksikan,” kata Rich.

“Saya berjalan ke bagian belakang perahu dan menyadari betapa saya tertutup. Sejujurnya, saya mungkin tampak sedikit seperti salah satu pelikan miskin yang kita semua telah lihat selama berhari-hari belakangan ini,” tutur dia.

Sambung Rich, minyak di Teluk sangat tebal dan lengket, hampir seperti adonan kue. Tidak dapat dihapus. “Anda harus mengikis itu, berlapis-lapis, sampai akhirnya Anda dekat dengan kulit. Kemudian Anda menuang pada beberapa sabun pencuci piring dan scrub,”

Rich berpikir tidak ada ikan, tidak ada burung, kura-kura. “Jika binatang itu berakhir di genangan ini yang sama, hampir tidak ada cara yang bisa melarikan diri,” kata dia.

Proses pembersihan berlangsung selama setengah jam sebelum sang kapten berpikir membiarkan saya kembali di perahu. Aku bersih, jadi aku berdiri.“Badan saya bersih jadi saya naik ke perahu, tapi telapak kaki saya masih ada minyak, dan akhirnya saya masuk ke air. Proses dimulai lagi,” ujarnya. Pembersihan diri dari minyak sekitar 30 menit, dan akhirnya Rich siap untuk masuk ke perahu. C31/AP

sumber : ap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement