Rabu 09 Jun 2010 04:24 WIB

Segera Hadir: Daging Palsu Rasa Orisinal

REPUBLIKA.CO.ID, MISSOURI--Bersiaplah untuk menikmati daging "jadi-jadian". Majalah Time melaporkan tim ilmuwan dari University of Missouri akhirnya memecahkan kode genetik pada ayam vegetarian. Dalam waktu dekat, daging palsu berasa sangat mirip daging ayam sungguhan akan segara hadir.

Memang, saat ini daging palsu-produk yang biasanya dikonsumsi para vegetarian --  telah tersedia selama bertahun-tahun. Namun, meniru daging tampak seperti aslinya, termasuk tekstur berserat halus dan profil rasa ayam, sangat sulit. Tapi ilmuwan Hsieh Fu-Hung dan rekannya Harold Huff telah mengembangkan formula kompleks untuk mengatasi hal ini.

Menurut Time, setelah lebih dari satu dekade, mereka telah menciptakan apa yang disebut sebagai produk kedelai pertama yang tidak hanya dapat dibumbui dengan rasa seperti ayam, tetapi juga "terasa sama seperti daging ayam sesungguhnya hingga masuk ke tenggorokan kita."

Berikut ini bagaimana proses dijelaskan:

Pertama, Anda mengambil campuran bubuk protein kedelai dan tepung terigu yang kering, tambahkan air dan masukkan ke dalam ekstruder industri, yang pada dasarnya adalah sebuah food processor raksasa. Pada awalnya, campuran terlihat seperti adonan kue. Kemudian adonan itu berjalan melalui roda gigi dari extruder dan dipanaskan sampai 175 derajat Celcius

Meskipun ini merupakan terobosan, beberapa khawatir bahwa para ilmuwan mungkin memecahkan beberapa masalah sementara prosesnya justru membuat masalah. Beralih dari produk daging ke produk nabati bisa baik bagi tubuh dan planet, namun sejumlah proses laboratorium yang "berat" juga harus dilakukan, yang ujung-ujungnya adalah bahan kimia digunakan tidak proporsional.

sumber : Time
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement