Selasa 08 Jun 2010 22:52 WIB

Rafael Márquez (Meksiko): Bek Tangguh dan Produktif

REPUBLIKA.CO.ID, Rafael Márquez Álvarez atau Rafael Marquez dikenal sebagai pemain belakang yang terkenal solid dan juga menjadi kapten timnas Meksiko. Dia juga cukup produktif dalam urusan menjebol gawang lawan dan terkenal tangguh di jantung pertahanan Meksiko.

Márquez lahir di Zamora, Michoacan, Meksiko pada 13 Pebruari 1979. Pemain timnas Meksiko tersebut kini bermain di La Liga Spanyol bersama Barcelona. Marquez berposisi sebagai bek tengah, tetapi juga sering bermain di posisi gelandang bertahan.

Marquez mengawali karier sepak bola profesional bersama salah satu klub papan atas Meksiko, Atlas. Dalam 77 pertandingannya sejak tahun 1996 hingga 1999, Marquez mencetak 6 gol bagi Atlas. Marquez pernah menyatakan bahwa kelak sebelum pensiun dari lapangan hijau, dia akan kembali memperkuat Atlas.

Karier Marquez semakin menanjak saat memperkuat klub Prancis, AS Monaco. Bersama Monaco sejak tahun 1999 hingga 2003, Marquez mencetak 5 gol dalam 87 pertandingan.

Penampilan konsisten Marquez bersama Monaco membuat Barcelona merekrutnya ke Nou Camp pada musim panas 2003. Di tahun pertamanya bersama El Barca, Marquez bermain dalam 21 pertandingan La Liga dan membantu Barcelona meraih posisi runner-up di klasemen akhir.

Marquez melakukan debut bagi timnas Meksiko pada 5 Februari 1997 menghadapi Ekuador. Sejak debutnya tersebut, Marquez merupakan salah satu pemain penting dan tak tergantikan di tim Sombrero.

Marquez turut membawa Meksiko meraih juara Piala Konfederasi dan Piala Emas tahun 1999. Marquez juga selalu bermain bersama Meksiko di tiga Piala Dunia yaitu 1998, 2002, dan 2006. Dan kini ia akan kembali memimpin Meksiko di Piala Dunia 2010.

Akan tetapi, Marquez masih punya sedikit kelemahan. Emosi yang meledak-ledak membuatnya kerap mendapat masalah. Jika mampu mengatasi kelemahannya, bukan mustahil Meksiko akan melangkah jauh di Afrika Selatan.

sumber : Berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement