Jumat 28 May 2010 06:54 WIB

Sukma-Jajuli Klaim Menangkan Pemilukada Sukabumi

Rep: riga nurul iman/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Pasangan calon bupati dan wakil bupati yang tengah menjabat (incumbent), Sukmawijaya-Akhmad Jajuli untuk sementara unggul dalam pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sukabumi, Kamis (27/5). Raihan suara pasangan yang diusung oleh PKS dan Partai Hanura tersebut, menurut  versi mereka, jauh menggungguli enam pasangan calon lainnya.

Berdasarkan penghitungan cepat yang dilakukan oleh tim sukses pasangan Sukma-Jajuli hingga Kamis (27/5) sore, raihan suaranya telah mencapai 40,4 persen dari total suara masuk sebanyak 31 persen. Sementara pasangan lainnya memperoleh suara di bawah 20 persen.

Calon lain adalah Marwan Hamami-Usman Effendi (Partai Golkar) sebesar 17,8 persen, Hasymi Romli-Iman Adinugraha (PDIP-PAN-Gerindra) mencapai 12,5 persen, Ucok Haris Maulana-Sadili Samsudin (Demokrat) 10,7 persen, Asep Setiawan-Dadang Eka (PPP dan 13 partai kecil) mencapai 8,7 persen, Azis Min Alamsyah-Herwan Nugraha (perseorangan) hanya meraup 6,6 persen. Terakhir pasangan Dayat NS Wiranta-Karmas Supermas (perseorangan) mendapat 3,2 persen.

‘’Itu dari hasil penghitungan sementara,’’ ungkap calon bupati Sukabumi, Sukmawijaya, kepada wartawan di Media Center tim Sukma-Jajuli (Maju) di Kecamatan Cisaat. Hal itu menunjukkan tingginya perolehan suara pasangan Maju di sejumlah kecamatan misalnya Cibadak, Nagrak, Surade dan lain sebagainya.

Meskipun unggul, Sukmawijaya masih menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Saat ini, pasangan Maju akan mengawal jalannya rekapitulasi perolehan suara di setiap daerah.

‘’Secara umum jalannya pemilukada berjalan lancar,’’ungkap Sukmawijaya, yang kini masih menjabat bupati Sukabumi. Sementara itu di tempat terpisah, rekapitulasi penghitungan suara di KPU Kabupaten Sukabumi hingga Kamis petang baru mencapai sebanyak 172 TPS atau 37.960 suara.

Pasangan Maju meraih suara terbanyak mencapai 32,26 persen, Marwan-Usman sebesar 15,92 persen, Hasymi-Iman sebanyak 15.89 persen, Ucok-Sadili 13,31 persen, Asep Setiawan-Dadang 12,84 persen, Aziz-Herwan sebesar 7,61 persen, dan Dayat-Kermas 2,18 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement