Ahad 16 May 2010 03:19 WIB

Peringkat UI Ungguli University Kebangsaan Malaysia

Rep: c06/ Red: irf
Kampus UI
Foto: Musiron/Republika
Kampus UI

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Universitas Indonesia (UI) masuk jajaran enam besar perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara dan peringkat 50 terbaik di Asia. Peringkat ini disusun berdasarkan penilaian yang dikeluarkan Asian University Rankings-QS.com terhadap 200 perguruan tinggi di Asia pada tanggal 13 Mei 2010.

Berdasarkan penilaian tersebut, UI berhasil menggungguli beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia, seperti National Taiwan University of Science and Technology (56), University Kebangsaan Malaysia (58), dan Tokyo Metropolitan University (64). "Indonesia patut berbangga karena lima perguruan tinggi terbaiknya masuk dalam kriteria penilaian, yaitu UI pada peringkat 50, Universitas Gajah Mada (UGM) pada peringkat 85, Universitas Airlangga (Unair) pada peringkat 109, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada peringkat 113, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada peringkat 119," ujar Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, seperti siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (15/5).

Penilaian pemeringkatan ini berdasarkan empat kriteria utama, yaitu research quality, teaching quality, graduate employability, dan internationalitation. Untuk ranking per-subject, hasil yang diperoleh UI adalah sebagai berikut; bidang Arts and Humanities (peringkat 18), Life Sciences and Biomedicine (27), Natural Sciences (44), Social Sciences (23), IT and Engineering (50).

Vishnu mengatakan, upaya pencapaian standar internasional didukung pula dengan sejumlah prestasi yang diukir mahasiswa UI di ajang internasional, di antaranya adalah mahasiswa FKG UI yang menjadi Juara I Scientific Research Competition dalam The Asia Pacific Dental Students Association (APDSA). Selain itu ada pula mahasiswa FH UI yang berhasil menjadi 1st Runner Up International Maritime Law Arbitration Moot in Brisbane. UI juga meraih sertifikasi International Organizations for Standarization (ISO) untuk sistem manajemen mutu (QSM).

Selama tahun 2009, sambung Vishnu, Sivitas Akademika UI telah menghasilkan 1.005 riset dan sebanyak 10.050 telah dipublikasikan dalam jurnal bertaraf regional dan/atau Internasional. "Hasil ini menempatkan UI bertahan pada posisi yang sama seperti tahun lalu yaitu peringkat 50 di Asia. Dengan segala pencapaian yang telah diraih UI sampai saat ini, UI terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas akademik dan non akademik yang dimilikinya sebagai Universitas Riset Kelas Dunia," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement