Ahad 16 May 2010 03:00 WIB

Legenda Sepak Bola, Ian Rush, Bicara Soal Timnas Inggris

Rep: israr/ Red: irf

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ian Rush, legenda hidup klub Liverpool, menjagokan Inggris lolos hingga ke semifinal. Menurut Rush, Inggris punya kemampuan untuk berbicara banyak di Piala Dunia 2010 ini.

"Asal tidak ada pemain cedera dan terkena akumulasi, saya kira Inggris bakal ke semifinal dan mungkin bisa saja ke final. Anda tahu kan, untuk menjuarai event seperti Piala Dunia, butuh sedikit keberuntungan," ucap Rush usai melakukan coaching clinic kepada ratusan anak yang diselenggarakan oleh British Chamber of Commerce (Kamar Dagang Inggris) di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Sabtu (15/5).

Ia juga mendukung keputusan Fabio Capello menjadikan David Beckham sebagai asistennya di Piala Dunia nanti. Menurut Rush, Beckham adalah duta sepak bola Inggris. Kehadiran Beckam bisa menambah motivasi para pemain muda the Three Lions di Afsel nanti.

Mengenai Liverpool, ia berharap pelatih Rafael Benitez tetap menukangi The Reds musim depan. Pria kelahiran St Asaph, Wales, 49 tahun lalu ini cukup mengapresiasi hasil kerja Benitez di Anfield. "Dia punya kontrak empat tahun, jadi menyenangkan melihat dirinya tetap di Liverpool musim depan," katanya.

Dalam kesempatan sama, ia memuji anak-anak yang mengikuti coaching clinic yang diberikannya pagi itu. Ada sekitar 10 anak yang dinilainya punya kemampuan di atas rata-rata. "Secara keseluruhan mereka menunjukkan semangat dan antusiasisme. Yang paling penting mereka harus terus berlatih," ucap striker yang pernah memperkuat Juventus dan Newcastle United ini. Menurut Rush, masa terpenting dalam pengembangan bakat sepak bola ada di usia 14 dan 15 tahun. Ia menyebut anak-anak di usia tersebut harus mendapatkan penanganan yang tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement