Jumat 14 May 2010 01:40 WIB

Rodriguez Ditarik, Cambiasso Didepak

REPUBLIKA.CO.ID,ROMA--Diego Maradona mengabaikan pengalaman internasional gelandang Inter Milan, Esteban Cambiasso, dan pemegang rekor 136 kali pembela Argentina, Javier Zanetti, ketika sang pelatih mengumumkan 30 nama pemain untuk tim Piala Dunia 2010 hari Selasa. Pelatih Maradona yang mantan kapten timnas Argentina saat memenangkan Piala Dunia 1986 juga mengabaikan pemain tengah Olympique Marseille Lucho Gonzalez yang membela Argentina di final Piala Dunia 2006, serta Fernando Gago dari Real Madrid.

Di sisi lain, Maradona justru memanggil penyerang Liverpool Maxi Rodriguez yang sebelumnya kelihatan tidak diperhitungkan selama masa kualifikasi pemain. Sang pelatih juga menyediakan ruang untuk pemain belakang Newcastle United Fabricio Coloccini. Maradona yang selama 1,5 tahun kepemimpinannya telah mengaudisi lebih dari 100 pemain untuk memperkuat timnas membuat kejutan dengan memilih beberapa pemain yang bertanding di liga lokal.

Pilihannya ini agaknya membuat Maradona bangga, terbukti dengan kemenangan 4-0 dalam pertandingan persahabatan melawan Haiti beberapa waktu lalu. Gelandang Juan Mercier juga tampil mengesankan dalam pertandingan melawan Haiti.

Cambiasso yang hanya diberi kesempatan bermain 15 menit sebagai pemain pengganti dalam pertandingan melawan Spanyol di Madrid November lalu (Argentina kalah 2-0) telah menjadi bagian dari tuntutan media untuk dimasukkan ke dalam timnas karena prestasinya di klub.

Sementara itu, bek Inter Milan Walter Samuel yang juga veteran Piala Dunia 2002 namun tidak mendapat tempat di Piala Dunia Jerman 2006, kali ini masuk jajaran pemain bersama dengan penyerang Inter Diego Milito.

Maradona mengatakan ia ingin Messi bebas berkeliaran dan tidak terikat dengan posisinya di lapangan. Messi juga dituntut untuk membangun posisi bertahan yang bagus untuk tim Argentina.

"Saya tidak ingin dia ditempatkan di sisi kanan. Bola harus selalu melewati dia,"kata Maradona saat diwawancara Fox TV saluran olahraga.

"Saya tidak hanya akan membuat formasi bertahan dengan empat pemain tengah, tapi juga akan membentuk pertahanan belakang,"katanya. Maradona telah mencoret pemain belakang Zanetti dari daftar timnas. Sebagai gantinya, sang pelatih memanggil Garce

dan Clemente Rodriguez dari klub Estudiantes de La Plata.

Dua pemain Estudiantes lainnya yakni gelandang Juan Sebastian Veron dan pemain tengah Jose Sosa (keduanya bermain bagus di Liga Amerika Selatan) juga masuk dalam timnas. Dua pemain ini setahun lalu membela klub Bayern Munich, tapi kemudian kembali ke Estudiantes dengan status pinjaman.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement