Kamis 22 Apr 2010 04:28 WIB

Peringati Hari Bumi, Mahasiswa UI Bergelantungan di JPO

Rep: Sefti Oktarianisa / Red: Endro Yuwanto

DEPOK--Empat mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Rizki, Ade, Uta, dan Isma memiliki cara unik untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April besok.

Keempat mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) itu, bergelantungan selama satu jam di Jempatan Penyebrangan Orang (JPO), tepat di Depan Margo City Mall, Jalan Margonda Raya Depok, Rabu siang (21/4).

''Kami bergelantungan untuk memasang spanduk 'Selamatkan Bumi, Ayo Menanam Pohon!','' ujar Rizki (20 tahun), mahasiswa F-MIPA UI.

Rizki mengatakan, awalnya dirinya dan teman-teman merasa sedikit kaku melakukan hal tersebut. Ia dan teman-temannya juga  menyadari tindakan ini bukanlah aksi yang berdampak langsung ke lingkungan. Tapi diharapkan kegiatan ini bisa menarik masyarakat untuk peduli lingkungan. ''Buat mereka pedulilah,” katanya.

Menurut Humas Mapala UI, Fariska Arianti, ke depan pihaknya akan melakukan beragam kegiatan lain. Ia menuturkan, selain bergelantungan di JPO, pihaknya juga melakukan kegiatan seperti penanaman pohon. Ia mengatakan, kegiatan ini berdampak amat besar terutama bagi penyelamatan kondisi bumi.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Walikota Depok, Nurmahmudi Ismail, berharap pemasangan spanduk ini bisa menimbulkan kesadaran pada warga Depok tentang pentingnya melestariakan bumi.

Bahkan, dikatakan Nurmahmudi, jika warga Depok melihat adanya ketidakadilan terhadap lingkungan yang dilakukan pihak-pihak tertentu, maka warga wajib melaporkan ke pemerintah Kota Depok. ''Masyarakat bisa laporkan itu kepada kami melalui BLH,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement