Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

PSM vs Persisam, Selamat Tinggal Zona Degradasi!

Selasa 13 Apr 2010 02:09 WIB

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto

PSM berupaya menghindari dari zona degradasi

PSM berupaya menghindari dari zona degradasi

JAKARTA--PSM Makassar tidak mau terlena di peringkat ke-12 klasemen Liga Super Indonesia dengan nilai 37 dari 28 laga. Sebab secara matematis, tim asuhan Tumpak Sihite ini masih bisa jatuh ke zona degradasi.

Untuk itu, PSM membidik kemenangan saat menjamu Persisam Samarinda di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Selasa (13/4).
Tambahan tiga poin akan membuat nilai PSM menjadi 40 dan aman dari jeratan degradasi.

Tim Juku Eja, julukan PSM, tidak akan terkejar lagi oleh Persitara Jakarta Utara dan Pelita Jaya, dua tim peringkat terbawah klasemen. Persitara baru mengumpulkan nilai 21 dari 28 laga, sementara Pelita di posisi ke-17 dengan nilai 27 dari 30 laga. Jika menyapu laga tersisa dengan kemenangan, Persitara dan Pelita hanya akan meraih nilai maksimal 39.

Namun PSM masih harus menghindari zona playoff, yakni posisi ke-16. Tim yang menempati posisi ini di klasemen akhir harus menjalani playoff menghadapi tim peringkat ketiga Divisi Utama yang sekarang bernama Liga Joss.

Tumpak menegaska,n timnya akan berupaya keras meraih kemenangan. Ia sudah menyiapkan antisipasi Persisam yang kemungkinan akan bertahan total.
"Persisam berhasil menahan imbang dua tim kuat, Persipura dan Persiba. Kami akan menyiapkan strategi yang pas untuk membongkar permainan mereka," ujar Tumpak.

PSM kemungkinan sudah bisa diperkuat Herlu Nerli yang sempat terkapar akibat keletihan saat memperkuat timnya menghadapi Bontang FC, akhir pekan lalu.

PSM wajib memenangkan laga ini karena tinggal menyisakan satu laga kandang menghadapi Persiwa Wamena. Selanjutnya, PSM akan menjalani tur maut menghadapi Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, Sriwijaya FC ,dan Persib Bandung.

Sementara itu, pelatih Persisam, Hendri Susilo, menyebutkan ia akan tetap menginstruksikan timnya fokus dalam menjaga pertahanan seperti saat mengimbangi Persipura 2-2 dan Persiba 0-0. Ia percaya timnya bisa kembali mencuri poin di kandang lawan.

"Kondisi pemain memang tidak sepenuhnya bugar, tapi kami tetap berupaya mencuri poin di Makassar," kata Hendri.

Persisam telah melakoni tur berat dengan interval waktu berdekatan, yakni menghadapi Persiwa, Persipura, dan Persiba dalam waktu delapan hari. Persisam saat ini berada di posisi ke-16 atau zona playoff dengan nilai 31 dari 27 laga. Namun Persisam punya peluang besar menghindari playoff karena menyisakan empat laga kandang menghadapi Persijap Jepara, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, dan Persik Kediri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA