Selasa 30 Mar 2010 23:24 WIB

Tsunami Dipicu Letusan Gunung Berapi, Mampu Tenggelamkan Italia Utara

Gunung berapi di bawah laut terbesar di Erupa kemungkinan dapat menghancurkan dan dapat menyebabkan risiko tsunami yang mampu menenggelamkan Italia kawasan utara kapan saja. Demikian diungkap Ahli Vulkanologi, seperti dilansir Telegraph, Selasa (30/3).

Gunung berapi Marsili yang mengeluarkan magma, memiliki "dinding" yang rentan runtuh, ujar Enzo Boschi kepada korang setempat, Corriere della Sera.

"Hal itu bahkan dapat terjadi besok," ujar Enzo yang juga Ketua National Institute of Geophysics and Volcanology (INGV).

"Penelitian terakhir kami menunjukkan bahwa struktur gunung berapi tidak terbentuk dengan solid, dindingnya sangat rapuh, ruang magma memiliki dimensi dengan ukuran yang berubah-ubah," jelasnya.

Hal itu bisa mengakibatkan, tsunami yang sangat kuat yang dapat sampai di pantai Campania, Calabria dan Sicily.

Gunung berapi Marsilii memilili tinggi 3.000 meter dan berlokasi sekitar 150 kilometer dari kota Naple agian barat daya. Sejak sejarah tercatat, gunung tersebut belum pernah meletus.

Dengan panjang 70 kilometer dan kedalaman 30 km, gunung Marsili memiliki lebar kawah sedalam 450 meter dibawah permukaan Laut Tyrrhenian.

"Retakan dari dindin gunung berapi itu bisa mengeluarkan jutaan meter kubik material yang dapat membuat ombak yang sangat besar," ujar Enzo.

Dia menambahkan, meskipun indikasi yang terkumpul sudah tepat namun sangat sulit untuk diramalkan kapan terjadinya. "Risikonya sangat nyata tapi sulit untuk dievaluasi," pungkasnya. (telegraph.co.uk)

sumber : telegraph.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement