Rabu 09 Aug 2023 21:59 WIB

LPI: Ganjar Pranowo Dominasi Survei Capres di Kalangan Emak-Emak

Survei LPI sebut Ganjar Pranowo dominasi capres yang disukai kalangan emak-emak.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bilal Ramadhan
Boni Hargens. Survei LPI sebut Ganjar Pranowo dominasi capres yang disukai kalangan emak-emak.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Boni Hargens. Survei LPI sebut Ganjar Pranowo dominasi capres yang disukai kalangan emak-emak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menjelaskan dari hasil survei nasional yang dilakukan dari kluster emak-emak terlihat ketiga bakal calon Presiden bacapres (bacapres) selisihnya masih tipis. Namun survei itu menemukan figur Ganjar Pranowo masih dominan. 

Hal itu disampaikan Boni saat meluncurkan Survei Nasional LPI Capres Ideal Versi Emak-Emak di Jakarta pada 9 Agustus 2023 di Jakarta. Boni menyebut pilihan masyarakat beragam berdasarkan kategori sosial atas dasar. Hanya saja, kelompok emak-emak menurut Boni penting karena emak-emak ini biasanya lebih mudah dipengaruhi.

Baca Juga

"Hal itu bisa dipahami mengingat konstruksi sosial budaya masyarakat Indonesia. Nah, dari hasil survei kami, ternyata emak-emak ini relatif berimbang suaranya kepada tiga calon, tetapi lebih dominan ke Ganjar. Selisihnya juga masih tipis yang disusul oleh Prabowo lalu Anies," kata Boni dalam keterangannya pada Rabu (9/8/2023). 

Boni melanjutkan dalam pemilu langsung sedikitnya terdapat sejumlah faktor lain yang turut mempengaruhi kemenangan kandidat. Tentunya selain figur (rekam jejak, kompetensi, dst), pertama partai pendukung, kedua skala dan mobilisasi massa yang bisa dimotori oleh partai maupun organ relawan.

"Ketiga, daya dukung finansial. Keempat, kalau bicara pilpres faktor bacawapres turut menjadi faktor dan harus bisa berkolaborasi," ujar Boni.

LPI menempatkan tiga nama bacapres yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranoo, dan Anies Rasyid Baswedan. Dari tiga nama itu, LPI memotret kecenderungan pilihan entitas politik emak-emak.

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah Systematic Random Sampling dimana subjek yang diambil sebagai sampel berasal dari populasi yang lebih besar serta dipilih secara sistematis dan acak sesuai dengan tujuan penelitian. 

Berdasarkan teknik sampling tersebut, jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 920 responden. Margin of error dari ukuran  sampel tersebut sebesar 3.2% pada tingkat kepercayaan ± 95%.

"Secara umum, dari keseluruhan indikator, bacapres Ganjar Pranowo unggul tipis dengan bacapres Prabowo Subianto dan berjarak cukup jauh dengan bacapres Anies Baswedan. Dari ketiga nama itu, bacapres Ganjar Pranowo lebih disukai oleh mayoritas emak-emak," ujar Boni.

Untuk diketahui, survei nasional yang diselenggarakan oleh LPI ini dimulai pada 20 Juli 2023 dan berakhir pada 1 Agustus 2023. Kluster emak-emak yang dimaksud dalam survei ini adalah perempuan yang sudah memiliki hak pilih dan sudah menikah. Serta memiliki pandangan mandiri, objektif dan kritis terhadap isu-isu politik yang terjadi menjelang pemilu 2024. 

LPI berupaya untuk memotret persepsi kluster emak-emak terhadap calon presiden ideal dalam pemilu presiden 2024. Potret persepsi itu dijabarkan melalui survei nasional. LPI merumuskan 5 indikator capres paling ideal menurut kalangan emak-emak. Indikator itu antara lain; ; i) Referensi Pemilih, ii) Popularitas, iii) Elektabilitas, iv) Kompetensi, dan v) Leadership.

"Mayoritas responden menyukai Ganjar Pranowo oleh sebab dirasa dekat dengan relung kebatinan (mempunyai empati dan kepedulian yang tinggi) di kalangan emak-emak. Sebagian responden juga menyoroti (karakter) kepemimpinan kharismatik Ganjar Pranowo yang unik, khas dan berbeda dengan kandidat capres lainnya, well communicated, energik good looking (tampan), inklusif, serta dianggap cekatan dalam memecahkan persoalan. Dari skala 0-100 persen," ujar Boni.

Tercatat, Ganjar berada di rating pertama dengan 32.50 persen, disusul oleh Prabowo sebesar 31.75 persen dan Anies Baswedan sebanyak 26.25 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement