Senin 26 Jun 2023 17:27 WIB

Survei Terbaru Populi Center, Elektabilitas Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat

Anies Baswedan masih berada di urutan ketiga elektabilitas bakal capres 2024.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Bakal alon Presiden dari Partai Dekomrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo saat menghadiri deklarasi 1.000 lawyers di Jalan Syahridin, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ahad (25/6/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Bakal alon Presiden dari Partai Dekomrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo saat menghadiri deklarasi 1.000 lawyers di Jalan Syahridin, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ahad (25/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elektabilitas bakal calon presiden (capres) dari PDIP Ganjar Pranowo bersaing ketat dengan bacapres dari Gerindra Prabowo Subianto. Berdasarkan Survei Populi Center dilakukan pada 5-12 Juni 2023 kepada 1.200 responden, Ganjar Pranowo memperoleh suara 21,9 persen pada pertanyaan terbuka (top of mind) disusul Prabowo Subianto 19,3 persen. Sedangkan Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 14,4 persen.

"Dinamika dukungan masyarakat kepada calon presiden cukup menarik untuk diperhatikan. Berdasarkan data tren, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto menjadi dua tokoh yang memiliki ngkat elektabilitas yang cukup ketat," ujar peneliti Populi Center Hartanto Rosojati dalam rilis surveinya, Senin (26/6/2023).

Baca Juga

Begitu juga pada simulasi tertutup tiga tokoh capres, Ganjar Pranowo unggul dengan 35,8 persen, disusul Prabowo Subianto dengan 33,4 persen, dan Anies Baswedan 23,2 persen. Sementara pada aspek popularitas dari 16 tokoh nasional, Prabowo memimpin dengan 96,8 persen, diikuti Anies Baswedan 85,3 persen dan Ganjar Pranowo 82 persen.

"Tiga nama teratas sesuai riset sebelumnya, tiga tokoh yang digadang maju dalam kontestan Pemilu ini dapat popularitas tertinggi," ujarnya.

Sedangkan untuk tingkat akseptabilitas atau diterimanya tiga calon di masyarakat, Prabowo dan Ganjar juga bersaing ketat bergantian di urutan pertama dan kedua di sejumlah kategori. Sementara, Anies Baswedan konsisten di posisi ketiga.

Prabowo Subianto memimpin untuk kategori mampu menjaga stabilitas keamanan dengan persentase 61,9 persen, diikuti Ganjar dengan 15 persen dan Anies 12,3 persen. Kemudian kategori mengatasi persoalan politik luar negeri dengan 49 persen, memberantasn korupsi dengan 36,3 persen.

Sedangkan, Ganjar memimpin untuk sejumlah kategori yakni sering mengunjungi warga dengan 48,8 persen, Anies Baswedan 23,4 persen, Prabowo Subianto 16,1 persen. Ganjar juga unggul di kategori mampu diterima semua kalangan yakni 39,8 persen sementara Prabowo hanya memperoleh 26,8 persen. Begitu juga kategori solidaritas sosial, bagus dalam berpidato, mampu menjaga toleransi, mampu memimpin dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

"Urutannya itu bergantian itu antara Ganjar dan Prabowo, kalau Anies konsisten di urutan ketiga," ujarnya.

Survei Populi Center dilakukan pada 5-12 Juni 2023 kepada 1.200 responden melalui metode wawancara tatap muka dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center. Margin of error dari survei sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

photo
Ke mana Jokowi berlabuh? - (Republika/berbagai sumber)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement