Jumat 21 Apr 2023 18:24 WIB

Pemain Timnas Indonesia U-22 Patok Medali Emas di SEA Games

Timnas berangkat dengan kekuatan racikan seorang Indra Sjafri.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pertemuan Ketum PSSI Erick Thohir dan jajaran pengurus dengan 20 pemain Timnas Indonesia U-22 di Hotal Sultan, Jakarta, Jumat (21/4/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pertemuan Ketum PSSI Erick Thohir dan jajaran pengurus dengan 20 pemain Timnas Indonesia U-22 di Hotal Sultan, Jakarta, Jumat (21/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain Timnas Indonesia U-22 memiliki tekad yang besar untuk meraih emas di SEA Games 2023 Kamboja. PSSI telah resmi mengumumkan 20 pemain yang akan berlaga pada event tersebut. Kapten tim, Rizky Ridho memastikan timnya akan berjuang menampilkan yang terbaik dan membawa pulang medali emas dari ajang dua tahunan tersebut.

"Dari saya mewakili teman-teman, kami sudah siap untuk SEA Games 2023 di Kamboja semoga kami bisa menampilkan yang terbaik, dan kami bisa membawa pulang medali emas. Tentunya perlu kerja keras sama-sama dan kita percaya sama semua tim yang ada di sini," kata Rizky di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga

Skuad Garuda Nusantara telah melakoni persiapan yang cukup panjang menjelang SEA Games. Beberapa laga uji coba juga telah dijalani seperti melawan Bhayangkara FC dan dua laga melawan Lebanon. Gelandang Persib Bandung Beckham Putra berharap semua persiapan yang dilakukan oleh tim tidak sia-sia dan bisa membawa pulang hasil maksimal. 

"Saya mewakili teman-taman ingin menyampaikan bagaimana kerja keras semua selama bulan ramadan ini. Tentunya ini menjadi berkah di SEA Games nanti dan tim semua diberi kesehatan dan bisa membawa medali emas," kata Beckham. 

Pada SEA Games Kamboja, Indonesia berada di Grup A yang persaingannya relatif ringan. Timnas U-22 akan mengawali perjuangannya di fase grup dengan menghadapi Filipina pada 29 April, kemudian melawan Myanmar pada 4 Mei, selanjutnya bertemu Timor Leste pada 7 Mei, dan terakhir bertemu tuan rumah Kamboja pada 10 Mei.

Meski mempunyai peluang besar untuk melangkah lebih jauh di SEA Games kali ini, Beckham tetap mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia untuk mengakhiri puasa gelar selama 32 tahun. "Kita membutuhkan dukungan dari semua, semoga di Kamboja nanti kita bisa diberikan yang terbaik dan bisa membawa pulang emas setelah 32 tahun tidak kembali ke Indonesia dan itu tujuan kita. Kita akan membawa emas untuk Indonesia," kata dia. 

Senada dengan itu, penggawa Persija Jakarta Muhammad Ferarri dan Witan Sulaeman mengungkapkan para pemain Timnas Indonesia sangat bersemangat untuk menunjukkan yang terbaik di SEA Games nanti. Indonesia terakhir kali meraih medali emas pada SEA Games 1991 di Manila, Filipina. Selanjutnya prestasi tertinggi hanya medali perak pada SEA Games edisi 1997, 2011, 2013, dan 2019.

"Tidak banyak yg bisa saya sampaikan, saya hanya bisa menambahkan bahwa kami sepakat tim ofisial, pelatih, dan pemain, kami ingin menjadi generasi yang membawa pulang medali emas itu setelah 32 tahun lamanya dan kami sudah sepakat untuk itu dan semoga kita bisa mendapatkan medali emas itu," kata Witan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement