Selasa 28 Feb 2023 17:31 WIB

Pemain Termuda Timnas Indonesia U-20 Berambisi Berikan yang Terbaik di Piala Asia U-20

Timnas akan melawan Irak akan digelar di Stadion Lokomotiv, Uzbekistan, Rabu ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas U-20 Indonesia Sultan Zaky Pramana (kiri) menyundul bola dalam sebuah laga internasional.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pesepak bola Timnas U-20 Indonesia Sultan Zaky Pramana (kiri) menyundul bola dalam sebuah laga internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sulthan Zaky mendapat predikat sebagai pemain termuda di Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan. Dia merasa bangga dengan statusnya itu dan ingin memberikan yang terbaik setiap diberi kesempatan bermain. Laga perdana tim Merah Putih adalah menghadapi Irak pada Rabu (1/3/2023).

Pemain berusia 17 tahun itu merupakan satu-satunya pemain dari Tim U-16 yang dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan pada 1 hinggq 18 Maret 2023. Meski masih sangat muda, Sulthan Zaky mampu membuat Shin Tae-yong terkesan setelah membawa Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga

Salah satu penampilan terbaik Sulthan Zaky terjadi di laga final Piala AFF U-16 2022 kontra Vietnam. Pilar PSM Makassar itu tampil solid bersama Iqbal Gwijangge di lini belakang sehingga berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1. "Sungguh sangat bangga karena saya juga salah satu pemain termuda yang bisa bermain di Tim U-20 ini untuk Piala Asia," kata Zaky dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (28/2/2023).

Sulthan mengaku bangga dan ingin memberikan yanh terbaik. Tapi pemain PSM Makassar itu harus bersungguh-sungguh dengan ucapannya. Pasalnya, Zaky dan kawan-kawan bakal menemui jalan terjal di kejuaraan ini. Timnas Indonesia U-20 masuk ke dalam Grup A yang dihuni tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Di atas kertas, kualitas dan pengalaman ketiga tim tersebut lebih baik dari Timnas Indonesia U-20. Tapi Zaky memastikan timnya tidak mau kalah sebelum bertanding. Dia bertekad untuk memberikan penampilan terbaik demi mendapatkan hasil maksimal dan laga perdana melawan Irak akan digelar di Stadion Lokomotiv, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023).

"Semoga kita mendapatkan hasil yang bagus dan semoga kekompakan tim juga semakin bagus dan kita meraih kemenangan," ujarnya.

Harapan Zaky itu sejalan dengan proses adaptasi dan aklimatisasi skuad Garuda Nusantara di Uzbekistan. Suhu di Kota Tashkent yang menyentuh angka 2-14 derajat celcius dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi tim asuhan Shin Tae-yong. "Cuaca di sini sangat dingin, tapi kita harus berusaha adaptasi lebih cepat karena untuk persiapan pertandingan nanti," ujar Zaky.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement