Rabu 01 Feb 2023 09:00 WIB

Arab Saudi Targetkan 25 Juta Turis Asing pada 2023

25 juta turis asing ditargetkan Arab Saudi pada 2023.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Kota pelabuhan bersejarah Yanbu di Arab Saudi. Yanbu dkenal karena keanekaragaman hayatinya yang kaya. Kota ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi.
Foto: Arab News
Kota pelabuhan bersejarah Yanbu di Arab Saudi. Yanbu dkenal karena keanekaragaman hayatinya yang kaya. Kota ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al-Khateeb mengatakan bahwa negaranya menargetkan 25 juta wisatawan asing akan masuk selama tahun 2023. Pihaknya juga berusaha menyediakan satu juta pekerjaan di sektor pariwisata vital.

Menteri mengatakan ini saat berpidato di pertemuan virtual bulanan dengan warga dari seluruh Kerajaan. Beberapa pejabat senior kementerian juga menghadiri pertemuan tersebut.

Baca Juga

Selama pertemuan, menteri meninjau pencapaian paling luar biasa yang dibuat oleh sektor pariwisata di Kerajaan selama tahun 2022. Total pengeluaran pariwisata sebesar 185 miliar riyal Saudi pada 2022 dan angka ini menandai peningkatan 93 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ini melebihi angka selama tahun 2019 sehingga menjadi negara tertinggi dalam membukukan rekor jumlah wisatawan dari antara negara-negara G20,” katanya dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (1/2/2023).

Al-Khateeb mengatakan Arab Saudi diperkirakan akan menempati peringkat ke-17 secara global dalam menarik wisatawan, yang mencapai 16,5 juta kedatangan wisatawan, meningkat 94 persen selama periode pra-pandemi.

Kontribusi langsung sektor pariwisata terhadap PDB sebesar 3,2 persen dari total target 10 persen pada 2030. Tahun lalu mencatat peningkatan jumlah pekerjaan pariwisata, yang menyumbang 880 ribu meningkat 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Persentase perempuan Saudi di sektor pariwisata juga meningkat, mencapai 44 persen dari total pekerja di sektor ini,” ujar dia.

Al-Khateeb juga mencatat bahwa kementerian berusaha menyediakan satu juta pekerjaan di sektor pariwisata dengan berbagai kegiatannya, yang membutuhkan pembentukan lembaga pelatihan dan pengembangan program dan layanan pelatihan di bidang perhotelan dan pariwisata."File pelatihan adalah salah satu file terpenting yang diperhatikan kementerian," katanya.

Menteri meminta para investor di sektor pariwisata untuk mematuhi peraturan baru untuk mencapai lingkungan kompetitif yang adil dan menarik bagi aliran investasi.

Dia menjelaskan bahwa kementerian meluncurkan program pinjaman bersama dengan sektor perbankan untuk membiayai usaha menengah, kecil, dan mikro untuk meningkatkan investasi di sektor pariwisata dan berkontribusi untuk menyediakan lapangan kerja di lebih dari 18 ribu perusahaan dengan meluncurkan tiga program dalam strategi untuk mendukung usaha mikro dan kecil di industri pariwisata.

Patut dicatat bahwa Kementerian Pariwisata menerapkan 11 kampanye iklan untuk memperkenalkan pariwisata di Kerajaan, menjangkau 35 negara, di mana ia ingin fokus pada kota-kota di seluruh Kerajaan dan sifat geografis yang mencakup pantai dan teluk yang indah, dataran hijau, dan situs arkeologi

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/629419/SAUDI-ARABIA/Minister-Al-Khateeb-Saudi-Arabia-targets-inflow-of-25-million-foreign-tourists-in-2023

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement