Senin 23 Jan 2023 07:25 WIB

Mahasiswa UMM Ciptakan Sepeda Listrik Tenaga Surya

UMM mencoba menciptakan kendaraan masa depan hemat energi.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda
 Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menciptakan sepeda listrik tenaga surya. (ilustrasi).
Foto: Republika.co.id
Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menciptakan sepeda listrik tenaga surya. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menciptakan sepeda listrik tenaga surya. Brilly Eldon Fachrudin, dan sembilan anggota timnya mencoba menciptakan kendaraan masa depan hemat energi.

Menurut Brilly, karyanya tersebut  menyempurnakan konsep yang diangkat oleh seniornya dan dinilai memuaskan. "Jika angkatan sebelumnya belum berhasil menstabilkan daya yang masuk, Alhamdulillah tim kami berhasil menemukan dan memecahkan permasalahan tersebut,” katanya dalam pesan resmi yang diterima Republika.

Baca Juga

Brilly menjelaskan cara kerja sepeda tenaga surya tersebut. Energi dari cahaya matahari yang masuk ke panel akan langsung ke aki. Kemudian berlanjut ke mesin selanjutnya yaitu controller yang menghubungkan antara dinamo dengan setelan gas.

 

Dari cahaya matahari disambungkan ke controller untuk menstabilkan arus daya masuknya ke aki. Sementara itu, dari aki nanti masuk ke mesin lagi di controller. Ini untuk menghubungkan antara dinamo dan setelan gasnya agar arus yang dikeluarkan oleh akinya nanti stabil.

Brilly dan tim melakukan uji coba pada saat malam hari, di mana tidak ada cahaya matahari atau arus yang masuk. Mereka menggunakan cahaya matahari yang telah terlebih dulu disimpan pada siang hari sebelumnya sampai penuh.

Uji coba ini pun berhasil dilakukan dengan perjalanan sekitar 12 kilometer (km), yaitu dari Sawojajar ke Kampus III UMM di Jalan Raya Tlogomas. "Perjalanan ini menghasibiskan tiga bar daya dari total lima bar keseluruhan yang tersedia," jelasnya.

Listrik yang dihasilkan dari cahaya matahari tidak hanya menghasilkan arus untuk berjalannya sepeda, melainkan juga dapat menyalakan lampu pada sepeda. Selain itu, Brilly dan tim juga mengubah peletakan pedal yang awalnya diletakan pada roda belakang, diganti ke depan agar berkerja dengan semestinya. Kemudian juga ditujukan agar mesin tidak mudah rusak.

Dengan adanya produk tersebut, diharapkan dapat menggurangi penggunaan kendaraan bermotor, penghematan listrik, dan pemanfaatan energi matahari. Penggunaan jangka panjang juga lebih efesien terutamaa jarak tempuh dekat.

Ia pun berharap  inovasinya dapat menjadi salah satu ikhtiar manusia menjaga bumi dari polusi udara penyebab kendaraan bermotor. Ke depan, Brilly dan timnya ingin inovasi ini dapat digunakan secara universal. Mereka berencana mengembangkan produk agar mesin yang digunakan tersebut dapat diaplikasikan di berbagai sepeda lain.

Sementara itu, Kepala Laboratarium Teknik Industri UMM, Rahmat Wisnu Wardana menyampaikan, ide sepeda listrik yang diangkat kelompok Brilly menarik perhatian dibanding produk lain di Product Development Exhibition 2023. Bukti nyata dari hasil terobosan sepuluh anak muda ini menjadi hal pertama yang mencuri kagumnya. Mereka bahkan sudah melakukan uji coba dari Sawojajar ke UMM kampus III tanpa menggayuh sama sekali.

"Itu satu hal yang keren. Apalagi pada umumnya sepeda listrik beroperasi dengan menggunakan pengecasan yang dilakukan langsung dengan menghubungkan pada daya, sedangkan karya ini menggunakan tenaga surya," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement