Sabtu 17 Dec 2022 19:56 WIB

Lirik Muchacos, 'Lagu Kebangsaan' Fans Argentina di Qatar

Lagu Muchacos viral di media sosial mengiringi Lionel Messi cs sampai ke final.

Para pemain Argentina merayakan gol ketiga mereka pada pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 13 Desember 2022.
Foto: AP Photo/Petr David Josek
Para pemain Argentina merayakan gol ketiga mereka pada pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 13 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, Muchacos, menjadi lagu paling populer di antara fans timnas Argentina di Piala Dunia Qatar 2022. Lagu yang juga menjadi lagu favorit Lionel Messi itu dinyanyikan para suporter di dalam dan di luar stadion mengiringi La Abiceleste hingga sampai ke final. 

Dikutip dari Associated Press, Ahad (17/12/2022), lirik lagu Muchacos ditulis oleh seorang fan yang hingga kini belum diketahui identitasnya. Adapun musiknya, menurut Billboard.com, adalah versi kover dari lagu lama, La Mosca

Baca Juga

Lirik lagu merujuk pada legenda Argentina, Diego Maradona dan Lionel Messi. Lirik juga menyelipkan keberhasilan Argentina mengalahkan Brazil di final Copa America 2021 dan juga penghormatan terhadap para prajurit yang berperang melawan Inggris di perang Falklands pada 1982.

"Boys.. sekarang kita bersemangat lagi, Aku ingin juara (dunia) untuk ketiga kalinya, Aku ingin menjadi juara dunia," begitu petikan lirik lagu Muchacos.

Muchacos menjadi 'lagu kebangsaan' Argentina di Qatar, di mana para fans selalu menyanyikannya di Doha dan juga jutaan rakyat Argentina di tanah air mereka. 

“Saat kami tidur, saat kami bangun, kami makan, saat kami bercinta, kemi mendengarkan lagu ini," kata Florencia Moncalvillo, seorang fan yang berjalan di lorong bazar Souq Waqif bazaar, Doha. Selama gelaran Piala Dunia 2022, bazaar itu menjadi hub bagi puluhan ribu fans Argentina di Qatar.

Kolumnis sepak bola Karan Tejwani, kepada Al Jazirah meyakini lagu Muchachos menjadi 'lagu Piala Dunia'. "Saya tidak berbicara dalam bahasa Spanyol, tidak juga banyak orang Spanyol saya kenal, namun kita bisa hapal liriknya. Begitulah lagu itu menjadi populer." 

Menurut Tejwani, lirik lagu Muchacos juga merangkum jatuh-bangun karier Lionel Messi bersama timnas Argentina. Bagaimana fans akhirnya mencintai Messi setara cinta mereka kepada Maradona, setelah bertahun-tahun kegagalan dan kritik yang diterima Messi. 

"Bagi Argentina, Piala Dunia ini, konteks dan faktor Messi, lagu ini brilian dan semangatnya melebihi sepak bola itu sendiri," kata Tejwani.

Piala Dunia 2022 di Qatar adalah kesempatan terakhir Messi untuk mengangkat piala yang telah diimpikannya selama kariernya. Argentina terkahir menjadi juara pada 1986 saat Maradona menjadi kapten La Albiceleste.

Pada babak final, Ahad (18/12/2022), Argentina akan melawan Prancis. Menang atau kalah, fans Argentina dipastikan akan menggemakan lagu Muchacos di Stadion Lusail.

 

Berikut lirik lagu Muchachos:

 

 

 

En Argentina nací (Aku dilahirkan di Argentina)

Tierra del Diego y Lionel (Tanah kelahiran Diego dan Lionel)

De los pibes de Malvinas (dari bangsa Malvinas)

Que jamás olvidaré (yang tidak akan ku lupakan)

 

No te lo puedo explicar (Aku tidak bisa jelaskan kepadamu)

Porque no vas a entender (karena kamu tidak akan mengerti)

Las finales que perdimos (laga-laga final di mana kami kalah)

Cuantos años la lloré (Berapa banyak tahun kami bersedih)

 

Pero eso se terminó (Tapi itu semua sekarang berakhir)

Porque en el Maracaná (karena di Maracana)

La final con los brazucas (laga final melawan Brazil)

La volvió a ganar papá (Papa [Argentina] mengalahkan mereka lagi)

 

Muchachos (Boys)

Ahora nos volvimos a ilusionar (Sekarang kita bersemangat lagi)

Quiero ganar la tercera (Aku ingin juara ketiga kalinya)

Quiero ser campeón mundial (Aku ingin menjadi juara dunia)

 

Y al Diego (dan Diego [Maradona])

Desde el cielo lo podemos ver (kami bisa melihatnya di angkasa)

Con Don Diego y La Tota (bersama Don Diego dan dengan la Tota)

Alentándolo a Lionel (menyemangati Lionel [Messi])

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement