Jumat 16 Dec 2022 08:04 WIB

Ramai Kritik BI Cetak Uang Khusus untuk Mahar Pernikahan Putra Jokowi

Kaesang memberi mahar uang Rp 300 ribu edisi khusus untuk pernikahan dengan Erina.

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Uang senilai Rp 300 ribu edisi khusus yang dicetak BI untuk mahar Kaesang Pangarep.
Foto: Istimewa
Uang senilai Rp 300 ribu edisi khusus yang dicetak BI untuk mahar Kaesang Pangarep.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat sosial Rocky Gerung mengkritik langkah Bank Indonesia (BI) membuat uang edisi khusus yang diberikan sebagai hadiah pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono. Uang mahar senilai Rp 300 ribu mendapat sorotan publik lantaran tiga lembar pecahan Rp 100 ribu, khusus dibuat BI untuk anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Uang mahar itu memiliki nomor seri KSE 10-12-22 atau tepat pada hari pernikahan Kaesang-Erina di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada Sabtu (10/12/2022). Kemudian, ada lembar Rp 100 ribu dengan nomer seri ESG 11-12-96 yang memiliki arti akronim nama menantu Jokowi sekaligus tanggal kelahiran.

Lembar terakhir dengan nomer seri KSP 25-12-94 merujuk akronim nama sekaligus tanggal lahir Kaesang. Tiga lembaran uang yang menjadi mahar itu pun viral di Tiktok dan Twitter.

Uang seri khusus itu pun membuat gaduh lini masa Twitter. Tidak sedikit pesohor yang mengkritik langkah BI mengeluarkan uang khusus untuk anak Jokowi.

Baca: Pemprov DKI Luruskan Pemberitaan Gaji Pembuat Pidato Pj Gubernur Heru

Eks Menteri Keuangan (Menkeu) Rizal Ramli termasuk yang menyindir kebijakan BI membuat uang spesial demi pernikahan anak RI 1. Menurut dia, BI sebaiknya fokus mengendalikan inflasi daripada mengurusi pernikahan anak presiden.

"BI @bank_indonesia yang secara hukum independen ternyata bisa dipesan uang khusus oleh Kaesang dan istri. Pantes nyetak uang jor-joran (burden sharing) 2,5 tahun terakhir. Eh.. Pas inflasi tinggi, nyalahin UMR. Semangat menjilat direksi BI saat ini luarbiasa, khas kasir Kerajaan," katanya lewat akun Twitter @RamliRizal dikutip Republika.co.id di Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Eks Sekretaris Kementerian BUMN M Said Didu juga mengkritik langkah BI mengeluarkan uang khusus untuk menyambut pernikahan anak presiden. "Sudah melebihi negara kerajaan," ujar Didu melalui akun Twitter-nya.

Warganet di Twitter pun banyak yang menyoroti mengapa pernikahan anak presiden diistimewakan BI. Hal itu lantaran BI sampai mencetak uang khusus untuk mahar.

Sebelumnya, Kaesang resmi menjadi suami Erina  setelah menjalani akad nikah di Pendopo Agung Hotel Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu. Melalui prosesi akad nikah yang dimulai pukul 13.00 WIB, kakak Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono yang menjadi wali nasab dari pihak mempelai perempuan langsung menikahkan adiknya dengan putra bungsu presiden.

Baca juga: Viral Ibu Mertua Kaesang Ingin Foto dengan Anies di Acara Ngunduh Mantu

Kaesang yang mengenakan beskap berwarna putih lengkap dengan blangkon khas Yogyakarta mengucapkan ijab kabul dengan lancar tanpa pengulangan. Sebagai mahar, Kaesang memberikan seperangkat alat sholat, uang Rp 300 ribu, dan empat logam mulia seberat 10, 12, 20, dan 22 gram.

Di samping Kaesang, Erina yang mengenakan kebaya berwarna putih tampak tersenyum. "Mas Kaesang Pangarep dan Mbak Erina Sofia Gudono, mulai hari ini, Sabtu 10 Desember 2022 Anda sekalian saya nyatakan sah sebagai suami-istri," ujar penghulu KUA Depok, Kabupaten Sleman, DIY, Mohammad Mashudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement