Rabu 14 Dec 2022 13:46 WIB

Messi Pastikan Qatar 2022 Jadi Piala Dunia Terakhirnya

Messi akan tampil di partai final Piala Dunia 2022.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Lionel Messi dari Argentina bereaksi setelah semifinal Piala Dunia FIFA 2022 antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Tolga Bozoglu
Lionel Messi dari Argentina bereaksi setelah semifinal Piala Dunia FIFA 2022 antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi yakin pertandingan final Piala Dunia melawan Prancis/Maroko pada Ahad (18/12/2022) akan menjadi penampilan terakhirnya untuk Argentina di Piala Dunia. Penyerang Argentina itu mencetak gol kelimanya dalam kemenangan semifinal 3-0 melawam Kroasia, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. 

Messi mengakui setelah itu dia tidak berharap tampil di Piala Dunia keenam empat tahun mendatang. "Saya jelas sangat senang untuk menyelesaikan perjalanan saya di Piala Dunia di final, untuk memainkan pertandingan terakhir di final. Itu benar-benar sangat memuaskan," kata Messi dikutip dari BBC.

Baca Juga

"Semua yang saya jalani di Piala Dunia ini sangat emosional, melihat betapa banyak hal itu dinikmati di Argentina. Ada banyak tahun, dari tahun ini ke tahun berikutnya. Saya rasa saya tidak akan mampu melakukan itu. Menyelesaikan dengan cara ini adalah brilian," tambahnya. 

Pada usianya yang ke-35 tahun, Messi telah memenangkan hampir setiap penghargaan dalam sepak bola. Dia telah mencetak rekor tujuh Ballon d'Or, trofi yang diberikan kepada pemain terbaik dunia  dan juga memenangi penghargaan Pemain Terbaik FIFA satu kali.

Kehormatan lainnya termasuk empat kemenangan Liga Champions, 11 gelar papan atas dan kejayaan Copa America pada tahun 2021. Piala Dunia adalah satu-satunya trofi yang belum diraihnya. Ia hampir meriahnya, tapi gagal setelah kalah di final dari Jerman pada 2014.

Sekarang Messi, yang akan membuat rekor penampilan ke-26 di Piala Dunia pada babak final nanti melawan Prancis atau Maroko, memiliki satu kesempatan lagi untuk mengangkat trofi yang paling berharga di dunia sepak bola. Ia menegaskan bahwa targetnya adalah tujuan kolektif.

"Kami akan melakukan yang terbaik seperti yang telah kami lakukan sampai sekarang sehingga kali ini benar-benar terjadi, kami benar-benar memenanginya," katanya.

"Saya telah menikmatinya beberapa tahun terakhir bersama tim nasional. Saya benar-benar menikmati semua yang terjadi pada kami. Untuk mendapatkan Copa America, untuk mencapai piala dunia dengan 36 pertandingan tak terkalahkan, dan untuk menyelesaikan semua perjalanan itu di final sangat luar biasa," ujar Messi.

"Saya berharap orang-orang di Argentina menikmati diri mereka sendiri dan apa yang kami lakukan. Mereka seharusnya tidak ragu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement