Selasa 22 Nov 2022 00:24 WIB

Gareth Southgate Cetak Sejarah Baru Usai Inggris Menang 6-2 Atas Iran

Southgate cetak sejarah baru usai Inggris menang telak atas Iran.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan
Manajer Inggris Gareth Southgate bertepuk tangan sebelum pertandingan sepak bola grup B Piala Dunia FIFA 2022 antara Inggris dan Iran di Khalifa International Stadium di Doha, Qatar,  Senin, 21 November 2022.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Manajer Inggris Gareth Southgate bertepuk tangan sebelum pertandingan sepak bola grup B Piala Dunia FIFA 2022 antara Inggris dan Iran di Khalifa International Stadium di Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gareth Southgate telah membuktikan bahwa Timnas Inggris adalah kekuatan yang harus diperhitungkan setelah mereka memulai kampanye Piala Dunia mereka dengan luar biasa. The Three Lions meraih kemenangan 6-2 atas Iran dalam pertandingan pembuka Grup B, Senin (21/11/2022).

Inggris membuka keunggulan pada menit ke-35 lewat Jude Bellingham. Sementara Bukayo Saka menjadi bintang saat ia mengklaim dua gol dalam pertandingan tersebut. Tiga gol lainnya diciptakan oleh Raheem Sterling (di menit ke-45), Marcus Rashford (71'), dan Jack Grealish (89'). 

Baca Juga

Dengan kemenangan tersebut, Southgate telah mengklaim dua penghargaan yang sangat mengesankan. Kini Southgate telah memenangkan lebih banyak pertandingan daripada manajer Three Lions lainnya di turnamen besar, sambil menetapkan rekor gol terbanyak mereka yang dicetak dalam pertandingan pembuka Piala Dunia oleh tim Inggris mana pun.

Seperti dilansir Daily Mail, Senin (21/11/2022), Southgate kini telah memenangkan sembilan pertandingan di turnamen besar, yang terdiri dari Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa, setelah sebelumnya berbagi rekor dengan Sir Alf Ramsey pada delapan pertandingan. 

Ramsey, tentu saja, adalah satu-satunya manajer yang membimbing Inggris meraih kemenangan Piala Dunia, kembali pada tahun 1966. Dan Southgate sekarang akan berusaha meniru prestasi itu di Qatar.

Sementara itu, Southgate kini memegang gelar sebagai pelatih terbaik yang pernah kembali dalam pertandingan pembuka Piala Dunia, untuk kedua kalinya timnya mencetak enam gol di kompetisi sepak bola paling bergengsi. 

Sebelumnya Inggris menekuk Panama dengan enam gol di pertandingan kedua kampanye Piala Dunia 2018, dengan Harry Kane mencetak hat-trick, John Stones mengklaim dua gol dan Jesse Lingard satu gol.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement