Ahad 20 Nov 2022 16:09 WIB

Pemain Jepang Lupakan Pertemanan di Klub Saat Lawan Jerman

Jepang akan melawan Jerman dalam laga Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11).

Wartawan meliput pemanasan pemain saat sesi latihan timnas Jepang di Piala Dunia 2022 di Al Said SC New Training Facilities 1, di Doha, Sabtu, 19 November 2022.
Foto: AP/Eugene Hoshiko
Wartawan meliput pemanasan pemain saat sesi latihan timnas Jepang di Piala Dunia 2022 di Al Said SC New Training Facilities 1, di Doha, Sabtu, 19 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ritsu Doan, salah satu dari delapan anggota skuad nasional Jepang yang bermain di Bundesliga, mengatakan untuk sementara melupakan persahabatan mereka dengan rekan-rekan Jerman di klubnya saat pertandingan Piala Dunia Qatar dimulai. Jepang akan memulai kiprahnya di Grup E melawan Jerman pada Rabu (23/11/2022), di mana pemain masing-masing tim kemungkinan besar sudah saling kenal dari klub mereka bergabung.

Doan akan bertemu dengan rekan setimnya di klub Freiburg Matthias Ginter dan Christian Gunter, sementara pemain depan Eintracht Frankfurt asal Jepang Daichi Kamada bisa dipertemukan kembali dengan Mario Gotze dan Kevin Trapp.

Baca Juga

Doan, yang bergabung dengan Freiburg dari PSV Eindhoven pada musim panas lalu, mengatakan hubungan pertemanan itu akan hilang ketika mereka melangkah ke lapangan di Doha.

"Saya tidak menghubungi mereka ketika saya di sini. Saya berbicara dengan mereka sebelum saya meninggalkan Jerman," kata pemain berusia 24 tahun itu, seperti dikutip AFP.

"Tentu saja saya senang bermain melawan mereka tapi kami tidak berteman lagi sampai tahun baru. Saya akan memberikan segalanya untuk negara saya."

Doan percaya Jepang memiliki "peluang besar" untuk lolos dari Grup E yang sulit yang juga berisi Spanyol dan Kosta Rika. Dia berpikir pengetahuan orang dalam dapat memberi mereka keunggulan atas Jerman. Rekan setimnya Yuto Nagatomo mengatakan, para pemain yang berbasis di Bundesliga tidak lambat dalam membagikan informasi mereka.

"Kamu bahkan tidak perlu bertanya. Di kantin atau di bus, kamu mendapatkan informasi dari mana-mana," kata Nagatomo.

"Saya telah melihat banyak video, begitu banyak sehingga saya bahkan tidak perlu menonton lagi karena semuanya ada di kepala saya."

Kamada telah muncul sebagai pemain kunci untuk Jepang dalam beberapa bulan terakhir dan telah memoles reputasinya dengan Frankfurt, di mana ia mencetak tujuh gol liga musim ini.

Doan menggambarkan rekan setimnya sebagai "pemain penting" dan mengatakan Jepang tidak punya alasan untuk merasa rendah diri melawan Jerman.

"Jerman memiliki banyak pemain dari Bayern, dan kami bermain melawan Bayern, jadi saya tahu kualitas individu dari mereka," kata Doan.

"Tentu saja semua orang tahu mereka tim bagus tapi menurut saya kami harus bermain dengan keyakinan dan percaya pada diri kami sendiri."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement