Senin 14 Nov 2022 14:44 WIB

Sandal Butut Steve Jobs Dilelang, Harganya Fantastis

Pemenang lelang nantinya juga akan mendapatkan NFT sandal gratis.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Sandal butut Steve Jobs
Foto: apple
Sandal butut Steve Jobs

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sandal ikonik pendiri Apple Steve Jobs sedang dilelang secara daring di rumah lelang Julien’s Auctions. Sepasang sandal Birkenstock Arizona yang berbahan kulit suede coklat merupakan salah satu peninggalan Jobs.

Namun, saat lelang, kondisi sandal tidak mulus. Menurut Julien’s Auctions, alas kakinya mempertahankan jejak kaki Steve Jobs. Selain itu, sol karet sandal menunjukkan keausan yang berat karena sandal itu dipakai setiap hari.

Baca Juga

Dalam situs Julienslive.com, tawaran saat ini telah melewati 22.500 dolar AS atau sekitar Rp 349 juta. Rumah lelang mengharapkan tawaran terakhir dapat ditutup dengan 60 ribu dan 80 ribu dolar AS atau Rp 931 juta hingag Rp 1,2 miliar. Penawar yang menang tidak hanya mendapat  fisik sandal, tetapi juga mendapatkan NFT sandal gratis.

Sandal ini dipakai oleh Jobs dalam waktu yang lama, antara tahun 1970-an dan 1980-an. Di masa lalu, sandal Birkenstock telah berpartisipasi dalam beberapa pameran, seperti Salone del Mobile di Milano, Italia pada tahun 2017 di Kantor Pusat Birkenstock di Rahms, Jerman pada tahun 2017, di toko Amerika Serikat pertama Birkenstock di SoHo, New York, di IMM Koln, pameran furnitur di Cologne, Jerman, Zeit Event Berlin untuk majalah Die Zeit pada 2018, dan yang terbaru dengan History Museum Wurttemberg di Stuttgart, Jerman.

Selama pameran sandal dengan perusahaan Birkenstock, mantan mitra Jobs dan ibu dari anak pertama Steve Jobs, Lisa Brennan-Jobs, Chrisann Brennan menjadi emosional. Dia mengatakan sandal merupakan bagian dari sisi sederhana Jobs.

“Dia tidak akan pernah melakukan atau membeli sesuatu hanya untuk terlihat menonjol dari orang lain. Dia hanya yakin kecerdasan dan kepraktisan desain serta kenyamanan. Dan di Birkenstocks dia tidak merasa seperti seorang pengusaha, jadi dia memiliki kebebasan untuk berpikir kreatif,” kata Brennan dalam sebuah wawancara dengan Vogue berjudul “Apple Meets Birkenstock.”

Dikutip Live Mint, Senin (14/11/2022), bulan lalu, iPhone generasi pertama Apple terjual lebih dari 39 ribu dolar AS oleh LCG Auctions. Apple iPhone diluncurkan di AS dengan banderol harga 599 dolar AS pada tahun 2007. Dalam lelang terbaru, harga penawaran terakhir ponsel tersebut hampir 65 kali lipat dari harga aslinya.

iPhone pertama kali diperkenalkan oleh salah satu pendiri Apple Steve Jobs pada 9 Januari 2007. Perangkat ini mulai dijual lima bulan setelah peluncurannya. Pengenalan telepon dianggap sebagai pengubah permainan di industri smartphone.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement