Rabu 25 May 2022 04:06 WIB

Ini 7 Alasan Tertutupnya Hati Terhadap Alquran

Alquran tidak meninggalkan masalah iman atau dunia material tanpa penjelasan yang tepat dan memadai.

Rep: udang bago/ Red: Partner
.
.

Mushaf Alquran dengan gaya Bazzi - (saudigazette)
Mushaf Alquran dengan gaya Bazzi - (saudigazette)

Di antara ibadah yang paling baik adalah menyibukkan diri dengan Alquran, baik dengan membaca ayat-ayatnya atau merenungkan makna yang dimaksudkan.

Dalam kapasitasnya sebagai sumber utama Islam, Alquran mencakup semua aturan, peraturan, perumpamaan ilustrasi, kebijaksanaan, peringatan, peristiwa sejarah, ilmiah dan tanda-tanda kosmik, yang membantu orang-orang beriman menjalani hidup mereka sesuai dengan hukum yang ditetapkan oleh Sang Pencipta, Allah Yang Maha Kuasa.

"Jadi, Alquran tidak meninggalkan masalah iman atau dunia material tanpa penjelasan yang tepat dan memadai," kata Dr Ali Al-Halawani, Asisten Profesor Linguistik dan Studi Terjemahan yang tinggal di Kanada seperti dikutip dari aboutislam.net, Rabu (25/5/2022)

"Dan Kami telah menurunkan kepadamu Kitab sebagai penjelasan atas segala sesuatu dan sebagai petunjuk dan rahmat dan kabar gembira bagi kaum Muslimin". (An-Nahl 16:89)

 

Menurutnya, ada 7 alasan tertutupnya hati untuk merenungkan Alquran, yakni 1. Perbuatan hati yang penuh dosa. Karena mereka mewakili salah satu perisai paling kuat melawan Alquran, tindakan hati yang berdosa mencegahnya untuk diperhatikan atau disentuh oleh Alquran.

"Dengan adanya perisai seperti itu, menjadi mustahil untuk menemukan kesenangan atau kepuasan dengan Alquran," ujarnya.

Hudzaifah radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Pencobaan akan dihadirkan di hati para pria saat tikar buluh ditenun dengan tongkat. Setiap hati yang diresapi oleh mereka akan memiliki tanda hitam di dalamnya. Setiap hati yang menolaknya akan diberi tanda putih.

Akibatnya, akan menjadi dua jenis hati: satu putih seperti batu putih yang tidak akan dirugikan oleh gejolak atau godaan apapun, selama langit dan bumi bertahan.

Dan yang lainnya, hitam dan berwarna debu seperti bejana yang terbalik, tidak mengenali apa yang baik atau menolak apa yang keji, tetapi diresapi dengan nafsu.

2. Perbuatan dosa organ tubuh.

Dikatakannya, Orang-orang beriman dapat mengalami kekurangan dalam kemampuan mereka untuk menghafal Alquran karena mereka merugikan orang lain atau gagal untuk menurunkan pandangan mereka. Demikian pula, mereka dapat terhalang dari merenungkan ayat-ayatnya karena perbuatan dosa.

Abdullah bin Amr bin Al-As (semoga Allah meridhoi mereka) meriwayatkan: Nabi (damai dan berkah atasnya) berkata, “Seorang Muslim adalah orang yang dari lidah dan tangannya orang Muslim aman; dan seorang muhajir (berhijrah) adalah orang yang menahan diri dari apa yang diharamkan Allah.” (Al-Bukhari dan Muslim)

3. Meninggalkan kitab-kitab Tafsir (Penjelasan Al-Qur'an)

Menurut Ali Al-Halawani, orang yang tidak berusaha untuk mempelajari makna ayat-ayat Alquran dan konteks historisnya tidak dapat merefleksikan Alquran dengan baik dan benar.

"Orang seperti itu tidak akan pernah bisa mendapatkan makna yang benar dari ayat-ayat atau interpretasi suara mereka," ujarnya.

"Maka apakah mereka tidak merenungkan Al-Qur'an? Jika itu berasal dari selain Allah, mereka akan menemukan di dalamnya banyak kontradiksi". (An-Nisa 4:82)


Penyandang disabilitas netra membaca Alquran braile. (ANIS EFIZUDIN/ANTARA)
Penyandang disabilitas netra membaca Alquran braile. (ANIS EFIZUDIN/ANTARA)

4. Berpikir bahwa kisah-kisah Alquran tidak menjadi perhatian kita

Beberapa orang, kata dia, mungkin berpikir bahwa kisah-kisah yang diceritakan dalam Alquran tidak ada hubungannya dengan kita. Mengapa kita harus memperhatikan diri kita sendiri dengan generasi Nabi Musa, Esa, Hud (saw)? Mengapa kita harus peduli dengan negara-negara yang 'binasa'?

Pada prinsipnya, Alquran diturunkan kepada kita oleh Allah SWT untuk kita baca, renungkan isinya, dan pelajari dari perumpamaan dan kisah yang dikandungnya.

"Memang, Alquran bukan hanya catatan sejarah seperti yang mungkin dipikirkan beberapa orang, melainkan panduan bagi umat manusia menuju jalan yang benar melalui penerapan berbagai alat. Kisah Alquran itu sendiri, adalah salah satu alat itu," tegasnya.

"Pasti ada dalam cerita mereka pelajaran bagi mereka yang mengerti. Alquran tidak pernah menjadi narasi yang dibuat-buat, tetapi konfirmasi dari apa yang sebelumnya, dan penjelasan rinci tentang segala sesuatu dan petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman". (Yusuf 12: 111)

5. Keasyikan dengan bacaan saja

Seringkali seorang mukmin sibuk dengan bacaan Alquran tanpa memperhatikan pemahaman makna yang sebenarnya.

Menurut Ali Al-Halawani, hasrat seorang mukmin untuk membaca Alquran tidak boleh mengarah pada ditinggalkannya perenungan terhadap makna dan pelajarannya. Oleh karena itu, kata dia, tidak dianjurkan untuk menyelesaikan pembacaan seluruh Quran dalam waktu kurang dari tiga hari; itu mencegah seseorang dari merenungkan ayat-ayatnya.

6. Kecintaan yang berlebihan terhadap kehidupan duniawi ini

Kita, kita semua, mencintai anak-anak kita, kekayaan, perhiasan, serta kenikmatan hidup duniawi. Namun, cinta ini harus moderat dan seimbang, dan tidak boleh bersaing dengan cinta untuk Alquran dan spiritualitas.

"Diperindah bagi manusia adalah cinta akan apa yang mereka dambakan – terhadap wanita dan anak laki-laki, sejumlah emas dan perak, kuda-kuda bermerek yang bagus, ternak dan tanah yang digarap. Itulah kenikmatan hidup duniawi, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang terbaik". (Al Imran 3:14)

7. Membaca Alquran saat lalai

Di antara tanda-tanda bahwa seorang mukmin tidak mendapat manfaat dari bacaan Alquran adalah membacanya dengan hati yang lalai. "Demikian pula, shalat yang dilakukan oleh orang yang lalai dan lalai tidak akan diterima," katanya.

"Maka ketika Al-Qur'an dibacakan, maka dengarkanlah dan perhatikanlah agar kamu mendapat rahmat". (Al-Araf 7:204)

Sumber:

https://aboutislam.net/shariah/quran/quranic-reflections/7-reasons-closure-hearts-toward-quran/2/

sumber : https://matapantura.republika.co.id/posts/144055/ini-7-alasan-tertutupnya-hati-terhadap-alquran
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement