Kamis 05 May 2022 10:16 WIB

14 Statistik Mentereng dari Keberhasilan Real Madrid ke Final Liga Champions Musim Ini

Real Madrid kembali berhadapan dengan Liverpool di final Liga Champions.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Rodrygo Goes (kanan) dan Karim Benzema, dua pahlawan Real Madrid saat menyingkirkan Manchester City dari semifinal Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Rodrygo Goes (kanan) dan Karim Benzema, dua pahlawan Real Madrid saat menyingkirkan Manchester City dari semifinal Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Drama terjadi pada leg kedua semifinal Liga Champions antara Real Madrid menghadapi Manchester City. Bigmatch ini berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis (5/5/2022) dini hari WIB.

City sempat unggul terlebih dahulu melalui upaya Riyad Mahrez pada menit ke-73. Di luar dugaan, saat laga memasuki injury time, Madrid membalikkan keadaan melalui sepasang gol Rodrygo Goes. Duel pun berlanjut ke perpanjangan waktu karena agregat menjadi 5-5.

Baca Juga

Pada menit ke-95, Karim Benzema membuat El Real memperlebar jarak. Sepakan penaltinya tak mampu dihalau Ederson Moraes. Skor 3-1 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga pertandingan usai.

Dengan demikian, Los Blancos melaju ke partai puncak berkat keunggulan agregat 6-5 atas the Citizens. Berikut 14 statistik menakjubkan terkait laga berkelas ini, dikutip dari laman planetfootball.

- Rodrygo Goes, pemain pertama yang mencetak dua gol pada menit ke-90 dalam sebuah pertandingan di babak sistem gugur Liga Champions.

- Karim Benzema telah mencetak 10 gol pada babak sistem gugur Liga Champions musim ini. Ia menyamai pencapaian Cristiano Ronaldo pada musim 2016/17. Sebelumnya Ronaldo mengukir rekor tersebut, saat masih berseragam Real Madrid.

- Benzema, pemain keempat yang mencetak gol dalam dua leg di perempatfinal dan semifinal Liga Champions, dalam semusim. Ia menyamai rekor Fernando Morientes, Neymar, dan Edin Dzeko.

- Karim Benzema telah mencetak tujuh gol melawan tim Inggris, pada musim ini. 

- Karim Benzema telah mencetak 15 gol di Liga Champions musim ini. Ia berada di urutan ketiga sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim kampanye UCL.

- Saat ini, Karim Benzema telah mengoleksi 86 gol di Liga Champions. Hanya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang memiliki jumlah gol lebih banyak dari penyerang asal Prancis itu.

- Sejak format 16 besar Liga Champions dimulai pada musim 2003/04, Real Madrid tim pertama yang sempat kalah di semua tahapan babak sistem gugur, tapi masih bisa mencapai final. Sebelumnya pada leg pertama babak 16 besar, Madrid takluk 0-1 dari Paris Saint Germain, berikutnya pada leg kedua perempatfinal El Real menyerah 2-3 dari Chelsea. Teranyar, Los Blancos kalah 3-4 dari Man City pada leg pertama semifinal.

- Carlo Ancelotti telah mencapai lima final Liga Champions sebagai pelatih. Perinciannya, pada 2003, 2005, dan 2007 bersama AC Milan. Kemudian 2014 dan 2022 di Real Madrid. 

- Sejak 2016, ini pertama kalinya Real Madrid menyingkirkan tim Inggris pada semifinal Liga Champions. Terakhir kali, City juga yang menjadi korban keganasan El Real di tahapan ini.

- Sembilan bintang Real Madrid berpotensi menyamai Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang mengoleksi lima gelar Liga Champions. Para jugador El Real tersebut, antara lain Benzema, Dani Carvajal, Isco, Nacho, Marcelom Casemiro, Toni Kroos, Gareth Bale, dan Luka Modric.

- Meski sempat tertinggal selama 178 menit di semifinal Liga Champions melawan City, Madrid tetap lolos ke final.

- Pada leg kedua ini, Real Madrid tidak memiliki tembakan tepat sasaran hingga menit ke-89. Madrid akhirnya mencetak tiga gol dari lima shots on target.

- Pertama kali Real Madrid lolos ke final Liga Champions, setelah kalah pada leg pertama.

- Ini akan menjadi final ketiga Liverpool vs Real Madrid di Liga Champions. Dalam dua kesempatan sebelumnya, mereka saling mengalahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement