Selasa 18 Jan 2022 04:01 WIB

Kena Infeksi Omicron, Mengapa Muncul Nyeri Otot dan Sakit Punggung?

Nyeri otot dan sakit punggung menjadi salah satu gejala infeksi varian omicron.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Gejala omicron. Semua peradangan yang datang dengan infeksi virus dapat mengganggu otot dan sendi.
Foto: republika.co.id
Gejala omicron. Semua peradangan yang datang dengan infeksi virus dapat mengganggu otot dan sendi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nyeri otot dan sakit punggung disebut menjadi salah satu tanda Covid-19 yang disebabkan infeksi SARS-CoV-2 varian omicron. Berbeda dengan gejala yang umum terjadi di awal kemunculan wabah ini, seperti batuk serta hilangnya indra perasa dan penciuman, virus yang berevolusi disebut telah membuat munculnya gejala yang berbeda.

Dilansir Huff Post pada Senin (17/1/2022), gejala nyeri otot dan sakit punggung meningkat pada pasien Covid-19 di Afrika Selatan, negara yang pertama kali mengonfirmasi omicron. Laporan serupa juga muncul di India dan Norwegia, di mana lebih banyak orang terinfeksi virus corona jenis baru mengalami nyari punggung dan otot, bahkan terkadang rasa sakit terjadi dengan cukup parah.

Baca Juga

Menurut Peter Whang, ahli bedah tulang belakang ortopedi di Yale University School of Medicine, penyebab yang paling mungkin adalah semua peradangan yang datang dengan infeksi virus dapat mengganggu otot dan sendi. Meski terlalu dini untuk mengetahui dengan pasti, beberapa dokter menduga mungkin ada sesuatu yang unik pada omicron dan pengaruhnya terhadap sistem muskuloskeletal.

"Covid-19 bisa meniru begitu banyak kondisi yang berbeda dan menyebabkan banyak jenis gejala, termasuk memengaruhi sistem paru-paru maupun muskuloskeletal atau jantung Anda," ujar Whang.

 

Covid-19 dapat menyebabkan sakit punggung karena saat infeksi, tubuh melepaskan satu ton protein kecil yang disebut sitokin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan patogen. Menurut Jacob Hascalovici, seorang ahli saraf, spesialis nyeri intervensi, dan kepala petugas medis dan salah satu pendiri platform telehealth, nyeri kronis Clearing, salah satu konsekuensi dari sitokin pro-inflamasi ini adalah bahwa mereka dapat sangat mengiritasi otot dan sendi.

Tidak hanya virus corona yang memicu reaksi semacam ini. Sakit punggung dan nyeri otot juga sering dilaporkan dengan infeksi virus dan bakteri lainnya seperti flu, adenovirus, dan rhinovirus.

Whang mengatakan, respons imun yang besar ini, yang merupakan bagian dari respons alami tubuh terhadap virus, dapat menimbulkan banyak keluhan muskuloskeletal. Saat mengalami Covid-19, sebagian besar rasa sakit dan nyeri yang dilaporkan melibatkan otot dan jaringan lunak di sekitar sendi.

Orang dengan masalah punggung yang sudah ada sebelumnya juga rentan mengalaminya saat terinfeksi virus corona jenis baru (SARS-CoV-2). Menurut Patrick Doherty, seorang ahli bedah saraf dan ahli bedah tulang belakang di Yale Medicine, reaksi peradangan bisa lebih bermasalah dan memberatkan pada orang dengan masalah kesehatan mendasar seperti sakit punggung kronis.

Itulah sebabnya infeksi tampaknya memperburuk gejala yang sudah ada sebelumnya di area kelemahan. Sementara itu, Hascalovici mengatakan, peradangan yang disebabkan Covid-19 juga dapat mengungkap masalah mendasar. Sebagai contoh, seseorang bisa menderita radang sendi yang tidak bergejala.

"Infeksi, dalam menciptakan beberapa peradangan di dalam dan sekitar area radang sendi yang biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun, sekarang menjadi gejala baru," jelas Hascalovici.

Mengenai pertanyaan apakah omicron adalah varian yang rentan membuat seseorang mengalami nyeri punggung dan otot terjadi, Doherty mengatakan bahwa memang lebih banyak pasien dengan gejala ini dalam beberapa waktu terakhir. Meski demikian, peradangan dan respons imun kemungkinan menjadi penyebabnya.

Baca juga : Varian Berikutnya Setelah Omicron Mungkin Lebih Mengkhawatirkan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement