Jumat 24 Dec 2021 08:49 WIB

Ini Dia Deretan Buku Terlaris 2021

Novel masih mendominasi penjualan buku terlaris sepanjang tahun ini.

Pengunjung melihat buku pada pameran Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021 (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunjung melihat buku pada pameran Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Kendati didera pandemi Covid 19, buku tetap tak kehilangan peminatnya. Ini terbukti dari penjualan buku sepanjang pandemi yang cukup membuat para pelaku industri optimistis. Berikut adalah daftar buku terlaris sepanjang 2021 dari sejumlah penerbit.

 

  • Di Atas Sajadah Cinta - Habiburrahman El-Shirazy

Novel yang berisi kisah penuh hikmah dan makna mendalam yang diambil dari kisah teladan Nabi ini masuk dalam deretan buku yang laris pada 2021. Pipit Senja,  seorang sastrawan dan novelis, menyebutkan banyak manfaat yang bisa diambil dari kumpulan kisah teladan tersebut. Selain itu, buku-buku karya Habiburrahman El-Shirazy yang lain seperti Pudarnya Pesona Cleopatra, Kembara Rindu, Bumi Cinta, dan Cinta Suci Zahrana termasuk pula dalam deretan buku laris sepanjang 2021.

 

  • Bidadari Berbisik - Asma Nadia

Novel peraih penghargaan 10 Tahun Mastera ini berkisah tentang tokoh Ning dan Ayuni. Ning ingin membuka misteri atas lenyapnya Bidadari Ayuni, adik kembarnya yang pergi ke Jakarta hendak menjemput rezeki. Ayuni bekerja di rumah seorang nyonya kaya demi memenuhi mimpi ibu menatap Tanah Suci. Namun, Ayuni kemudian pergi tanpa meninggalkan berita apa pun.  Ning pun cemas. Berbekal info seadanya, ia nekat menyusul.

 

  • Perempuan yang Mendahului Zaman - Khairul Jasmi

Inilah novel biografi Syekhah Rahman El Yunusiyyah, pendiri pesantren Diniyah Putri. Dia juga merupakan seorang pendidik, pejuang, dan penggerak kaum perempuan.

 

  • Parents Power - Saiful Falah

Buku yang ditulis oleh seorang pakar dan praktisi pendidikan ini akan mengajak kita untuk merenungkan kembali dan mencoba mendudukkan posisi keluarga dengan dua aktor utama, ayah dan ibu, dalam pendidikan anak.

 

  • Falsafah Hidup - Prof Dr HAMKA 

Melalui buku ini, Prof Dr HAMKA menguraikan tentang rahasia kehidupan dan perilaku manusia serta bagaimana kita menjalani hidup.

 

  • Si Putih - Tere Liye

Inilah kisah tentang Si Putih, kucing kesayangan Raib. Bagian ini menjadi buku sebelum Lumpu dan setelah Nebula. 

 

  • Laut Bercerita - Leila S. Chudori

Cerita ini membuat banyak pembaca meresapi fakta-fakta sejarah akan apa yang terjadi pada masa itu meski fiktif. Selain itu, ada pula kisah serta obrolan nyata para aktivis prareformasi.

 

  •  Wingit - Sara Wijayanto

Boleh dibilang banyak yang penasaran dengan kisah tujuh hantu yang pernah Sara Wijayanto dengan timnya temukan sehingga buku ini pun masuk dalam deretan buku laris.

 

  • Rapijali - Dee Lestari

Novel ini bertutur tentang Ping, remaja yang tinggal di tepi Sungai Cijulang bersama sang kakek tercinta dan rumahnya yang penuh alat musik. Ia mempunyai bakat istimewa dalam bermusik. Namun, diam-diam Ping menyimpan kegelisahan tentang masa depannya yang buram.

 

  • Sumur - Eka Kurniawan

Inilah cerita pendek yang mengambil tema tentang cinta yang begitu banyak cobaan. Kisah ini sudah memenangkan Prince Claus Laureare 2018. 

 

  • Bukan Buku Nikah - Ria Ricis

Buku tersebut berisi kisah nyata kehidupan Youtuber dengan subscribers tertinggi di Indonesia saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement