Kamis 18 Nov 2021 00:10 WIB

Masjid Janissari Landmark di Kreta

Kreta dinyatakan sebagai provinsi Utsmaniyah pada 1646

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Janissary, Kreta, Yunani.
Foto: Wikipedia
Masjid Janissary, Kreta, Yunani.

IHRAM.CO.ID,  CHANIA -- Masjid Janissari di Chania, Kreta, Yunani  merupakan salah satu bangunan yang paling dikenal di seluruh pulau. Itu menjadi yang terbesar di Yunani.

Dilansir dari laman Greek Reporter pada Rabu (17/11), Sebelumnya Kreta pernah diperintah oleh Ottoman selama berabad-abad. Kreta disebut mudah dikenali melalui berbagai jenis bangunan dan konstruksi, warisan Turki masih hidup melalui arsitektur pulau.

Baca Juga

Kreta dinyatakan sebagai provinsi Utsmaniyah pada  1646 ketika Turki berhasil menaklukkan bagian barat pulau itu. Namun, Venesia tetap memegang ibu kota Candia (saat ini Heraklion) sampai 1669.

Benteng-benteng pulau lepas pantai Souda, Gramvoussa, dan Spinalonga adalah satu-satunya tempat yang tetap berada di bawah kekuasaan Venesia sampai 1715, ketika benteng-benteng itu juga direbut oleh Utsmaniyah. Sementara Kreta baru menjadi negara otonom pada 1898. 

Di kota Chania, bangunan Bizantium, Venesia, dan Ottoman hidup berdampingan bersama di lanskap kota.  Sejauh menyangkut arsitektur Muslim, salah satu sudut kota yang paling ikonik adalah Masjid Janissari yang terkenal.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement