Senin 27 Sep 2021 03:18 WIB

Vokalis Coldplay Kagumi Kepiawaian Bermusik BTS

Lagu BTS punya struktur dan melodi yang beda dari yang biasa didengar Chris Martin.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Endro Yuwanto
Grup musik asal Korea, BTS.
Foto: AP
Grup musik asal Korea, BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Sebelum merilis kolaborasi "My Universe" bersama, BTS dan Coldplay menjadi penggemar satu sama lain. Member BTS berulang kali mengungkapkan betapa mereka mengagumi Coldplay sejak muda.

Namun, apa yang menarik Coldplay ke BTS? Dalam video “Inside My Universe Documentary" baru BTS, vokalis Coldplay Chris Martin mengungkapkan apa yang paling dia sukai dari BTS.

Setelah mendengarkan "Butter" dengan BTS di studio, Martin memberikan pujian untuk lagu itu. Namun, bukan itu satu-satunya lagu BTS yang disukai Martin.

“Saya suka banyak musik BTS,” kata Martin dilansir Korea Boo, Senin (27/9).

Penyanyi-penulis lagu kelahiran 2 Maret 1977 itu mengatakan, musik BTS memiliki produksi yang luar biasa. Selain punya keterampilan menulis lagu, komposisi, dan produksi sendiri, dia mengatakan, BTS juga bekerja dengan produser Korea pemenang penghargaan, seperti Pdogg dan penulis lagu terkenal lainnya.

Martin berbagi pengalaman bagaimana dia menyukai lagu-lagu BTS, yang memiliki struktur tidak biasa dan melodi yang berbeda dengan yang ia dengar biasanya.

Produser Rodnae “Chikk” Bell pernah mengungkapkan pujian terhadap industri musik Korea, karena memberikan kebebasan yang tidak biasa kepada penulis lagu untuk menciptakan lagu yang benar-benar unik, yang jauh lebih rumit daripada yang diizinkan oleh industri Barat.

Baca juga: Chris Martin-BTS Ungkap Alasan tak Rekaman Jarak Jauh

“Musik pop Korea menyukai diferensiasi dan perubahan. Rata-rata lagu Amerika adalah empat melodi, mungkin lima. Rata-rata lagu K-Pop adalah delapan sampai 10,” ujar Bell.

Secara khusus, Martin mencatat "MIC Drop" adalah contoh utama betapa menariknya lagu-lagu BTS. "Itu bukan sesuatu yang bisa kami lakukan. Jadi saya mengaguminya karena itu keterampilan yang berbeda,” kata dia.

Martin juga mengungkapkan senang melihat kepribadian masing-masing anggota, yang berbeda-beda. “Bagaimana setiap orang sangat individual, tetapi mereka tetap bekerja sebagai sebuah kelompok,” jelas dia.

Di sisi lain, leader BTS, RM, menyatakan dia akhirnya memahami alasan lain tentang Coldplay dan Chris Martin tertarik pada BTS. Menurut dia, Coldplay memperhatikan bahwa BTS adalah boy band tipe baru yang berbeda dengan band rock itu. BTS memilih menari daripada memainkan alat musik.

“Saya pikir dia menyukai gagasan bahwa band seperti kami bisa sangat populer secara global,” kata RM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement