Kamis 26 Aug 2021 00:30 WIB

Arsitek Perang Afghanistan Dimakamkan Secara Rahasia

AS meluncurkan serangan udara pertamanya di Afghanistan pada 7 Oktober 2001.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nidia Zuraya
Mantan Menteri Pertahanan AS yang juga merupakan arsitek perang Afghanistan, Donald Rumsfeld
Mantan Menteri Pertahanan AS yang juga merupakan arsitek perang Afghanistan, Donald Rumsfeld

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Iring-iringan kendaraan ramai bertalu-talu. Mereka membawa Donald H Rumsfeld, pria yang dikenal sebagai menteri pertahanan Amerika Serikat (AS) dua kali ke peristirahatan terakhirnya. Rumsfeld juga diklaim sebagai arsitek perang di Afghanistan.

Rumsfeld sebenarnya meninggal pada tanggal 29 Juni di usia 88 tahun, karena komplikasi yang berhubungan dengan multiple myeloma. Tanggal pemakamannya dan upacara pemakaman pribadi sebelumnya pada hari Senin di Fort Myer, Va., telah ditetapkan jauh sebelumnya.

Tetapi penguburan pada tanggal itu berarti Rumsfeld dikuburkan di waktu yang sama seperti pada 7 Oktober 2001 ketika Amerika Serikat meluncurkan serangan udara pertamanya di Afghanistan. 

Namun, upacara penguburan tampaknya berlangsung tertutup. Bahkan oleh pihak-pihak di Washinghton.

"Penentuan tanggal ini tentang pria dan zamannya, dan bukan masalah khusus pada hari itu," kata asisten utama Rumsfeld di Pentagon selama pemerintahan George W Bush, Larry Di Rita, dilansir dari New York Times pada Rabu (25/8).

Baca juga : Harapan dan Ketakutan Pengungsi Afghanistan di Qatar

Rita mengakui Rumsfeld dikenal karena sikapnya yang kasar. Rumsfeld juga berpaling dari Afghanistan dan mengobarkan perang di Irak hingga menyebabkan ribuan orang Amerika dan ratusan ribu orang Irak tewas. Perang ini akhirnya menghancurkan karir politik Rumsfeld. 

Tetapi di Kapel Memorial di Fort Myers, mereka mengingat seorang pria yang berbeda dari saat Rumsfeld hidup. Mantan Wakil Presiden AS Dick Cheney mengenang teman terdekatnya. Maklum saja, Cheney dan Rumsfeld dikenal dekat. Ia menganggap Rumsfeld sebagai sosok tak tergantikan.

"Selama bertahun-tahun saya berada di pemerintahan, saya belum pernah mendengar orang yang digambarkan sebagai 'tipe Rumsfeld.' Tidak ada hal seperti itu karena tidak ada apa pun yang serupa," ujar Cheney.

Cheney juga mengemukakan beberapa pepatah khas Rumsfeld, yang terkadang diadaptasi oleh Rumsfeld dari ucapan-ucapan akrab pendiri AS George Washington. "Harry Truman seharusnya berkata, 'Jika Anda ingin seorang teman di Washington, dapatkan seekor anjing,'" kata Cheney. 

Baca juga : Kabar Penyogokan Taufik Hidayat Tuai Reaksi Lee Chong Wei

"Untuk ini, Don menambahkan: Dapatkan seekor anjing kecil - dia mungkin akan menyerang Anda," lanjut Cheney.

Rincian pemakaman dan penguburan dirahasiakan oleh keluarga Rumsfeld dan tidak ada yang dirilis ke publik sampai selesai. Para tamu yang hadir termasuk Menteri Pertahanan Lloyd J Austin III dan Jenderal Mark A Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, yang berlutut di depan janda Rumsfeld, Joyce, yang berada di kursi roda, dan menyerahkan bendera darinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement