Selasa 06 Jul 2021 23:11 WIB

Asal Muasal Warna Biru Jersey Timnas Italia

Italia tidak menggunakan kostum sesuai dengan warna bendera negara mereka.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Para pemain timnas Italia mengenakan seragam biru (ilustrasi)
Foto: AP/Frank Augstein
Para pemain timnas Italia mengenakan seragam biru (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Timnas Italia identik dengan jersey berwarna biru. Tim peraih empat gelar Piala Dunia itu pun mendapat julukan Gli Azzurri. Sebagaimana diketahui, warna dalam jersey jadi identitas besar dalam sebuah kesebelasan. Warna mengungkapkan banyak sejarah dan filosofi tim.

Biasanya timnas memilih warna seragam sesuai dengan bendera negara masing-masing, misalnya Argentina dengan biru-putih, Denmark dengan merah, atau warna kuning timnas Brasil. Namun berbeda dengan Italia yang hanya menggunakan warna biru, tak seperti bendera negara mereka yang terdiri dari warna hijau, putih, dan merah.

Baca Juga

Seperti banyak tim di awal abad ke-20, timnas Italia memulai dengan seragam berwarna putih ketika mereka membuat debut melawan Prancis pada 1910. Meskipun pilihan itu sebagian disebabkan oleh perdebatan tentang warna mana yang harus mewakili negara yang baru bersatu 50 tahun sebelumnya.

Dilansir AS, Selasa (6/7), timnas Italia memutuskan mereka bakal memantapkan warna biru sebagai identitas jersey kebesaran mereka. Hal itu pertama kali ditampilkan saat mereka berhadapan dengan Hungaria pada 1911.

Sejatinya warna biru berasal dari biru Savoy yang digunakan oleh kerajaan (monarki) House of Savoy dari abad ke-11. Dari awal yang cukup sederhana, Wangsa Savoy tumbuh menjadi penguasa Sisilia dan secara absolut menguasai Italia sejak 1861 hingga deklarasi Republik Italia pada tahun 1946.

Empat raja terakhir Italia, Victor Emmanuel II, Umberto I, Victor Emmanuel III, dan Umberto II semuanya adalah House of Savoy dan warna biru Savoy masih menghiasi tepi luar Italian Presidential Standard.

Namun Italia tetap membutuhkan waktu untuk mengultuskan Azzurri sebagai warna keramat mereka di semua sendi tim olahraga negeri pasta. Faktanya, pada Olimpiade 1912 warna putih masih jadi yang paling sering digunakan oleh tim-tim olahraga Italia.

Tak hanya itu, eksperimen lain dengan warna hitam juga sempat dilakukan Italia ketika mereka dipimpin oleh diktaktor Benito Mussolini. Saat itu Italia memainkan laga pershabatan versus Prancis 1935 dan Yugoslavia 1938.

Selain warna biru dan putih sebagai jersey utama dan kedua, Italia juga memiliki warna hijau sebagai bentuk apresiasi terhadap pemain muda dan kostum ketiga.

Kini Italia akan mengenakan jersey kebanggaan mereka dengan warna biru saat berhadapan melawan timnas Spanyol pada partai semifinal Euro 2020, yang berlangsung di Stadion Wembley, Rabu (6/7) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement