Kamis 01 Jul 2021 08:05 WIB

Southgate Sanjung Ketangguhan Sterling Atasi Kritikan

Sterling terus mencetak gol untuk Inggris di Euro 2020.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Winger Inggris Raheem Sterling.
Foto: EPA-EFE/John Sibley
Winger Inggris Raheem Sterling.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gareth Southgate senang orang-orang terus mempertanyakan kontribusi Raheem Sterling untuk timnas Inggris. Menurut pelatih the Three Lions tersebut, semakin kencang kritikan, semakin keras usaha Sterling untuk menjawabnyadengan gol untuk Inggris di Euro 2020. Winger Manchester City ini mencetak gol ketiganya di Euro 2020 dalam kemenangan 2-0 atas Jerman, Selasa (29/6).

Sterling sebelumnya telah mencetak gol kemenangan melawan Kroasia dan Republik Ceko di babak penyisihan grup. Meskipun sudah mencetak 15 gol dalam 20 penampilan internasional terakhirnya, posisi Sterling masih dipertanyakan dalam line up utama Southgate. Sebab, bakat baru terus muncul mengancam posisinya.

Baca Juga

Namun kepercayaan Southgate pada pemain berusia 26 tahun itu bertahan. Southgate memuji Sterling setelah kemenangan Jerman. "Dia seorang pejuang," kata Southgate ketika ditanya tentang kemampuan Sterling untuk menangani kritik, dikutip dari Independent, Kamis (1/7).

"Dia memiliki ketahanan dan rasa lapar yang luar biasa. Dia telah berkembang selama beberapa tahun terakhir ini dengan rasa lapar yang nyata untuk mencetak gol," jelasnya.

Menurutnya, Sterling telah menemukan dirinya berkontribusi maksimal di area kotak 16. Sterling juga dinilai memiliki motivasi besar untuk memperbaiki diri. Perjalanan yang dilaluinya bersama Inggris selama ini telah membuktikan itu. "Saya sangat senang dia bisa menampilkan performa yang dia miliki," kata Southgate.

Menurut Southgate, tampil maksimal di Wembley menjadi sangat spesial bagi Sterling. Apalagi ditandai dengan terus mencetak gol. 

"Benar-benar luar biasa, sungguh, tapi ya, tolong terus pertanyakan dia. Karena jika kami tidak bisa memotivasi dia, orang lain pasti bisa," kata Southgate seolah menyindir halus pihak yang terus mengkritik Sterling.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement