Rabu 03 Mar 2021 13:24 WIB

Jack Ma Jatuh dari Posisi Orang Terkaya China

Jack Ma kini berada di posisi keempat orang terkaya.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Jack Ma, pendiri dan ketua eksekutif perusahaan e-commerce China, Alibaba Group.
Foto: EPA-EFE/TASS/HOST PHOTO / POOL MANDATORY
Jack Ma, pendiri dan ketua eksekutif perusahaan e-commerce China, Alibaba Group.

IHRAM.CO.ID, BEIJING - Alibaba dan pendiri Ant Group Jack Ma telah kehilangan gelar orang terkaya di China. Saat ini, kerajaan bisnis Jack Ma berada di bawah pengawasan ketat oleh regulator China.

Jack Ma dan keluarganya telah memegang posisi teratas untuk orang terkaya di China dalam Daftar Orang Terkaya Global Hurun pada tahun 2020 dan 2019.

Baca Juga

Namun, sekarang ia berada di posisi keempat. Dia berada di bawah pembuat air minum kemasan Zhong Shanshan dari Nongfu Spring, Pony Ma dari Tencent Holding dan pendiri perusahaan e-commerce yang baru berdiri, Pinduoduo, Collin Huang.

"Kejatuhannya dari tiga besar terjadi setelah regulator China mengekang Ant Group dan Alibaba karena masalah anti-trust," kata laporan Hurun dilansir di Reuters, Selasa (2/3).

Kejatuhan Ma baru-baru ini dipicu oleh pidato 24 Oktober di mana dia mengecam sistem peraturan China, yang menyebabkan penangguhan IPO Grup Ant senilai 37 miliar dolar AS. Dia berpodato hanya beberapa hari sebelum daftar publik raksasa fintech itu.

Regulator sejak itu memperketat pengawasan anti-trust di sektor teknologi negara, dengan Alibaba yang mengambil banyak tekanan. Regulator pasar meluncurkan penyelidikan anti-trust resmi ke Alibaba pada bulan Desember.

Regulator China juga mulai memperketat cengkeraman mereka di sektor fintech dan telah meminta Ant untuk mengubah beberapa bisnisnya menjadi perusahaan induk keuangan untuk diatur seperti perusahaan keuangan tradisional.

Jack Ma kemudian menghilang dari mata publik selama sekitar tiga bulan. Hilangnya Jack Ma memicu spekulasi heboh tentang keberadaannya. Dia muncul kembali pada bulan Januari dengan penampilan video berdurasi 50 detik.

Orang terkaya China saat ini, Zhong, membuat penampilan pertamanya di posisi teratas sebagian besar berkat kinerja harga saham Nongfu Spring dan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang juga dia kendalikan.

Sedangkan Pony Ma Tencent melihat kekayaannya membengkak 70 persen sepanjang tahun menjadi 480 miliar yuan. Sementara kekayaan Huang Pinduoduo tumbuh 283 persen menjadi 450 miliar yuan, kata daftar tersebut. Sebagai perbandingan, kekayaan Jack Ma dan keluarganya tumbuh 22 persen menjadi 360 miliar yuan.

Zhang Yiming, pendiri pemilik TikTok ByteDance, untuk pertama kalinya masuk ke peringkat lima besar di antara miliarder China dalam Daftar Kaya Global Hurun, dengan perkiraan kekayaan pribadi 54 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement