Jumat 29 Jan 2021 05:59 WIB

Bukan Arab, Ini Bahasa Masyarakat Arab Sebelum Islam Datang

Terdapat sejumlah bahasa yang digunan orang Arab sebelum Islam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sejumlah bahasa yang digunan orang Arab sebelum Islam. Ilustrasi Arab
Foto: google.com
Terdapat sejumlah bahasa yang digunan orang Arab sebelum Islam. Ilustrasi Arab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebelum bahasa Arab berlaku di Timur Tengah dan Afrika Utara di kawasan yang sekarang menjadi dunia Arab, orang Arab tidak berbicara dengan menggunakan bahasa Arab. Hal ini karena mereka memiliki bahasa dan dialek yang berbeda dengan bahasa yang dipakai di Jazirah Arab awalnya.

Al-Tabari menyebutkan, bahasa Arab dan dialek mereka di semenanjung pada masa awal memang berbeda. Menurut Al-Tabari, beberapa dari bahasa ini jauh berbeda dari bahasa Arab yang kita kenal saat ini.

Beberapa suku masih mempertahankan dialek lama mereka. Orang-orang dari beberapa desa dan pedesaan yang jauh dari peradaban di Yaman, Najd dan lainnya masih menggunakan dialek yang bercabang dari dialek pra-Islam lama. Misalnya bahasa Mahri dan bahasa Syari, yang dialek-dialeknya dipengaruhi oleh bahasa Arab selatan dan Afrika pra-Islam. 

Berikut ini adalah bahasa-bahasa yang digunakan oleh orang-orang Arab sebelum Islam:

1. Bahasa Koptik di Mesir

Bahasa Koptik adalah bahasa orang Mesir selama 3 abad sebelum penaklukan Arab-Islam. Bahasa Koptik sejak kemunculannya telah menjadi bahasa ucapan dan penyembahan dalam agama Kristen, dan dalam beberapa pendapat, ini merupakan evolusi dari bahasa Mesir kuno.

Upaya pertama untuk menulis dalam bahasa Koptik dilakukan oleh kelompok-kelompok pagan di Mesir, tetapi gereja kemudian memainkan peran utama dalam mempopulerkan penggunaannya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement