Sabtu 09 Jan 2021 20:27 WIB

KNKT Siapkan Operasi Laut Cari Black Box Sriwijaya Air

KNKT akan melakukan operasi pencarian black box Sriwijaya Air pada Ahad besok.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Bayu Hermawan
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya menyiapkan operasi laut untuk pencairan black box pesawat Sriwijaya Air pada Ahad (10/1) besok. Akan tetapi, KNKT juga berkoordinasi dengan Basarnas dan mengutamakan evakuasi penumpang.

"Kami juga malam ini sedang mempersiapkan operasi laut besok untuk  pencarian black box dan segala macam tapi yang utama adalah dari Basarnas akan melakukan pertolongan," ujar Soerjanto dalam konferensi pers daring, Sabtu (9/1) malam.

Baca Juga

Soerjanto menuturkan, KNKT juga sudah berkoordinasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). BPPT akan menyiapkan Kapal Riset Baruna Jaya IV yang memiliki beberapa alat underwater recovery untuk diterjunkan dalam misi pencairan Sriwijaya Air apabila diperlukan.

Ia menambahkan, pihaknya sedang mengumpulkan segala informasi yang berkaitan dengan pesawat ini dengan koordinasi bersama semua pihak. Ia meminta masyarakat bersabar untuk mendapatkan informasi ini.

"Dan masyarakat, kami harap bersabar nanti setelah terkumpul, informasi akan kami sampaikan yang memang perlu diketahui masyarakat," kata Soerjanto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement