Ahad 04 Oct 2020 15:51 WIB

6000 Jamaah Umroh Berdatangan ke Makkah

Makkah akan terbuka untuk Muslim dari luar negeri mulai 1 November.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umroh dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10).
Foto: REUTERS/Yasser Bakhsh
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umroh dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Makkah perlahan-lahan bangkit dari pembatasan selama tujuh bulan pada hari Ahad (4/10) ketika para jamaah berdatangan setelah otoritas Arab Saudi mencabut sebagian larangan virus corona untuk melakukan umroh.

Arab Saudi, yang sebagian besar menggelar haji simbolis awal tahun ini terbatas pada jamaah domestik, telah mengizinkan warga dan penduduk untuk mulai menunaikan umroh pada hari Ahad dengan kapasitas 30 persen, atau 6.000 jamaah sehari.

Makkah akan terbuka untuk Muslim dari luar negeri mulai 1 November. Tahun lalu negara Teluk itu menarik 19 juta jamaah umroh.

"Seluruh Makkah bahagia hari ini, ini seperti akhir masa penjara. Kami telah merindukan perasaan spiritual para peziarah yang berkeliaran di kota, ” kata Yasser al-Zahrani. Ia telah menjadi pengemudi Uber setelah kehilangan pekerjaan konstruksi selama tiga bulan karantina nasional yang diberlakukan pada Maret.

 

"Saya berdoa agar kami tidak pernah melewati beberapa bulan terakhir ini lagi, itu adalah mimpi buruk. Hampir tidak ada pekerjaan untuk menutupi tagihan saya," katanya dilansir di Reuters, Ahad (4/10).

Sebelum pandemi, lebih dari 1.300 hotel dan ratusan toko berdesakan sepanjang waktu untuk melayani para jamaah yang mengunjungi kota suci Mekah dan Madinah. Sekarang banyak yang tertutup, jendela-jendela berdebu.

Tengah malam, puluhan jemaah haji yang terdaftar memakai masker dan bersiap memasuki Masjidil Haram dalam kelompok-kelompok kecil.

Saat mereka mengelilingi Ka'bah, sebuah bangunan batu yang paling suci dalam Islam dan arah yang dihadapi umat Islam untuk sholat, para pejabat memastikan mereka menjaga jarak yang aman. Para jamaah tidak lagi diperbolehkan menyentuh Ka'bah yang terbungkus kain hitam berhiaskan kaligrafi Arab dengan emas.

Umroh adalah tulang punggung dari rencana untuk memperluas pariwisata di bawah dorongan Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk mendiversifikasi ekonomi pengekspor minyak utama dunia. Kerajaan bertujuan untuk meningkatkan pengunjung umroh menjadi 15 juta pada tahun 2020, rencana yang terganggu oleh virus corona, dan menjadi 30 juta pada tahun 2030.

Umroh telah menghasilkan pendapatan 12 miliar dolar AS dari penginapan, transportasi, hadiah, makanan, dan biaya jamaah, menurut data resmi.

Arab Saudi menjadi tuan rumah haji yang berkurang drastis pada akhir Juli untuk pertama kalinya dalam sejarah modern, dengan beberapa ribu jemaah haji domestik alih-alih 3 juta Muslim dari seluruh dunia.

Di dekat Masjidil Haram, hotel-hotel di menara bertingkat sebagian besar kosong dan pusat perbelanjaan tutup beberapa jam sebelum umrah dimulai. Puluhan toko dan restoran tutup.

Para ekonom memperkirakan sektor hotel Makkah mungkin kehilangan setidaknya 40 persen dari pendapatan yang didorong oleh haji tahun ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement